BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Usai menggelar upacara peringatan HANI (Hari Anti Narkotika Indonesia), bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, berikan penghargaan dan bantuan bagi koperasi dalam memperingati Hari Koperasi ke 70 tahun 2017, di halaman kantor bupati setempat, Senin (31/7). 

Penghargaan itu ditandai dengan penyerahan pin penghargaan bakti koperasi dari menteri koperasi dan UKM RI kepada Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Tangai Raya, Ifrizon.

Selanjutnya, penghargaan kepada koperasi berprestasi tingkat kabupaten, diantaranya, KUD Tangai Raya, kenagarian Lubuak Alai, Kecamatan Kapur IX, sebagai KUD berprestasi satu, KPRI Bhakti Husada, kecamatan Payakukumbuh, berestasi dua, dan KSU Berkat, Kenagarian Pilubang, Kecamatan Harau, sebagai KSU berprestasi tiga.

Penghargaan kepada Koperasi pengelola KSP/USP terbaik tingkat Kabupaten, diantaranya, KSU Tani Murni, Kenagarian Limbanang, Kecamatan Suliki, sebagi koperasi terbaik Satu, KPRI Bhakti Husada dan KPRI Handayani, kecamatan Payakumbuh sebagai koperasi terbaik Dua dan Tiga.

Penghargaan untuk koperasi tercepat melaksanakan rapat anggota tahunan tahun buku 2016, diberikan kepada KSU Zam Zam, Primakopabri, dan KSU Berkat.

Selain memberikan penghargaan pemerintah kabupaten Limapuluh Kota juga memberika bantuan sembako dari gerakan koperasi kepada masyarakat kurang mampu, penyerahan hak cipta untuk UKM dari Kementrian Koperasi dan UKM RI kepada Bordir Rini dengan judul motif bunga melati timbul yang beralamat di Nagari Limabangan Kecamatan Suliki.

Penyerahan sertifikat halal bagi UKM dari MUI Pusat kepada  UKM Rakik Tiga Putri dan Kacang Balado Ci Vivi. Penyerahan koperasi penerima hibah bantuan komputer, kepada koperasi Semangat baru, KSU Tani Murni, KPRI Bina Usaha,KPN Kopliko, dan KSU Berkat. 

Terakhir, penyerahan piagam penghargaan sebagai walinagari terbaik dalam melaksanakan penyusunan dan penyampaian anggaran pendapatan dan belanja nagari selama Dua Tahun berturut-turut kepada walinagari Simpang Sugiran.

Usai penyerahan penghargaan, bupati Irfendi Arbi kepada sejumlah wartawan, mengatakan, pembangunan koperasi di Lima Puluh Kota, mengalami kemajuan yang cukup mengembirakan jika diukur dengan jumlah koperasi, jumlah anggota, aktiva dan volume usaha. 

Pada masa sekarang secara umum koperasi mengalami perkembangan usaha dan kelembagaan yang mengairahkan. Namun demikian, koperasi masih memiliki berbagai kendala untuk pengembangannya sebagai badan usaha. Hal ini perlu memperoleh perhatian dalam pembangunan usaha koperasi pada masa mendatang.

Peran koperasi dalam perekonomian Indonesia paling tidak dapat dilihat darikedudukannya sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor, penyedia lapangan kerja yang terbesar, pemain penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat.

“Koperasi juga berperan sebagai pencipta pasar baru dan sumber inovasi, serta  sumbangannya dalam menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor. Peran koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah sangat strategis dalam perekonomian nasional, sehingga perlu menjadi fokus pembangunan ekonomi nasional pada masa mendatang, “ujar bupati.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan Perdagangan Lima Puluh Kota Kasman Kasim, mengatakan, pemberdayaan koperasi juga akan meningkatkan pencapaian sasaran di bidang pendidikan, kesehatan, dan indikator kesejahteraan masyarakat Indonesia umumnya dan Lima Puluh Kota khususnya.

Untuk memberdayakan koperasi, baik yang sudah berjalan dan tidak aktif perlu dibangun sistem pendidikan yang terorgniser dan harus dilaksanakan secara konsisten untuk mengembangkan organisasi, usaha dan mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya. “Inilah salah satu nilai koperasi yang tidak ada pada organisasi lain yang perlu terus dilaksanakan dan dikembangkan, “ujar Kasman. (ada)