BJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Pemko Payakumbuh gelar peningkatan prestasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, sekaligus adakan kegiatan Pendampingan Penyusunan Rancangan RPJMD tahun 2017-2022 dan Renstra Perangkat Daerah (RPD), di aula Bappeda, Kamis (13/7).

Pelatihan tersebut dibuka Walikota Payakumbuh diwakili kepala Bappeda Rida Ananda, dihadiri sejumlah pimpinan OPD di lingkungan pemerintah kota Payakumbuh. Rida Ananda menyampaikan, kegiatan pendampingan ini merupakan proses pembuatan RPJMD dan Renstra kota Payakumbuh untuk lima tahun kedepan.

“Dalam waktu yang cukup pendek, kita berusaha membuat draft RPJMD tersebut. Dan secara substansi, isi dari RPJMD ini sesuai dengan amanat Permendagri No 54/2010. Dengan target nilai SAKIP kota Payakumbuh untuk tahun ini, naik dari tahun kemarin, perlu dilakukan pembenahan.

Sebagaimana diharapkan Walikota, nilai SAKIP kota Payakumbuh untuk tahun 2017 ditargetkan bernilai BB. Untuk itu dibutuhkan komitmen seluruh perangkat daerah untuk bersama-sama dalam melahirkan program-program yang strategis.

Maka dari itu dilakukanlah pendampingan dari Kemen PAN-RB, agar seluruh OPD bisa lebih banyak lagi untuk berdiskusi dan menggali lebih dalam lagi hal-hal apa saja yang diperlukan untuk menyempurnakan RPJMD dan Renstra tersebut. Untuk itu, diharapkan seluruh OPD yang menjadi sampling untuk saling bekerjasama dan bersinergi.

“Kami sangat mengharapkan setiap OPD untuk benar-benar mencurahkan perhatiannya dalam menyusun RPJMD dan Renstra agar efektif dan efesien serta adanya kerjasama yang sinergis untuk menggapai target yang kita inginkan tersebut,” jelas Rida Ananda.

Sementara itu ketua panitia, Syahyora, menyampaikan, kegiatan pendampingan ini berlangsung selama 2  hari, (13-14 /7). Dengan mendatangkan narasumber dari Kemen PAN-RB yaitu Gita Aurora, bertugas kesehariannya sebagai Kepala Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, ujarnya. (Nura)