BIJAK ONLINE.COM. (Pasaman Barat)-Prosesi pengukuhan Mustika Yana sebagai Dipertuan Kinali berlangsung sukses dan meriah, di Rumah Puti Durian Kilangan, Jorong Lubak Anau, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Pasaman Barat, Rabu, 12 Juli 2017.

Saat prosesi berlangsung selain para ninik mamak juga hadir  Kapolres Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso, Dandim 0305 Pasaman, Let.inf Cosmos, Ketua Komisi I DPRD Pasaman Barat, Basio didampingi sejumlah Anggota DPRD lainnya dan bundo kanduang.

Yang hebatnya, prosesi pengukuhan Yang Dipertuan Kinali tak hanya karena dihadiri ribuan tamu undangan, tapi juga karena sesi demi sesi acara berjalan dengan lancar. Selain itu, para tamu yang berdatangan di manjakan dengan berbagai sambutan termasuk dengan gendang tambua, tari pasambahan dan lainnya. Tamu yang datang  disambut Mustika Yana  Dipertuan Kinali yang didamping sejumlah ninik mamak.

Disela acara yang berlangsung  Mustika Yana, menyampaikan, sebagai Dipertuan Kinali dirinya berjanji akan merangkul dan mengajak semua unsur untuk kerjasama. "Saya akan bekerjasama dengan  seluruh ninik mamak yang ada,  apalagi di wilayah ini terdapat sebanyak 34 ninik mamak, dan diharapkan kedepan seluruhnya dapat seiriang  jo sajalan, saiyo jo  sakato, sehingga dapat memajukan nagari Kinali," katanya.

Kemudian, Dipertuan Kinali mengucapkan banyak terimakasih terhadap ninik mamak cucu kemanakan dan tamu lainya yang telah mengikuti prosesi penobatan ini. (Arafat)