BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (FMKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Sumatera Barat,  mengadakan kegiatan pertemuan berkala di aula kantor bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak, Sabtu (29/7) malam.

Acara tersebut dihadiri langsung bupati Irfendi Arbi, kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lima Puluh Kota, ketua FMKKS Sumbar, Suardi, ketua FMKKS Limapuluh Kota, M Yusuf Lubis, camat Harau, Deki Yusman beserta ratusan kepala sekolah SMP Sumbar.

Ketua pantia acara, M Yusuf Lubis mengatakan, kegiatan FMKKS ini adalah rangkaian pertemuan yang dihelat selama 3 bulan sekali, pelaksanaannya digilir di 19 Provinsi di Sumbar. Untuk pertemuan kali ini, diselengarakan di kabupaten Limapuluh Kota, tujuannya sebagai ajang silahturahmi dan membicarakan kemajuan pendidikan di Sumbar.

Dikatakannya, kegiatan FMKKS ini bakal dilaksanakan selama dua hari, hingga Minggu (30/7). Rencananya, usai menggelar kegiatan musawarah seluruh rombongan kepala sekolah ini bakal menikmati lokasi wisata di Limapuluh Kota, diantaranya objek wisata Lembah Harau dan BPTU Padang Mengatas.

Senada juga diungkapkan, ketua FMKKS Provinsi Sumbar, Suardi, forum ini adalah wadah bagi para Kepala sekolah SMP yang ada di Sumbar untuk dapat berkordinasi dan membuat program kerja yang bertujuan untuk memajukan dunia pendidikan di Sumbar. 

Disini kita juga membahas tata cara mengunakan anggaran dengan baik, sehingga dikemudian hari tidak ada kepala sekolah SMP yang berurusan dengan penegak hukum. Pembahasan rutin yang dilaksanakan seluruh kepala sekolah SMP Sumbar itu, bertekad mewujudkan sekolah bertaraf Nasional. 

"Disini sesama anggota yang ada, kami selalu berbagi ilmu dan pengalaman, tujuannya supaya kualitas pendidikan di Sumbar dapat  berjalan lebih baik lagi," sebutnya.

Menurutnya, selama ini forum FMKKS ini telah berhasil menerapkan budaya kejujuran kepada siswa-siswa di SMP. "Sebagai hal yang sangat membanggakan, bahwa SMP se Sumbar telah berhasil menerepkan budaya kejujuran yang tinggi, dan ini diakui di Indonesia, buktinya dalam setiap ujian tidak adalagi siswa yang mencontek,"jelasnya.

Sementara itu, bupati Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan apresiasinya kepada seluruh kepala sekolah SMP yang hadir. Menurutnya, forum seperti ini sangat banyak memberikan manfaat di bidang pendidikan.

"Saya meyakini melalui forum-forum seperti ini, kedepan dunia pendidikan khususnya di Provinsi Sumbar bakal lebih baik lagi. Mudah-mudahan, nanti seluruh SMP yang ada agreditasinya mencapai nilai A, "ujarnya.

Diharapkannya, seluruh kepala sekolah bisa memberikan motivasi kepada murid agar bergerak maju di bidang pendidikan, sehingga nantinya bangsa ini bisa melahirkan anak anak yang berkualitas dan berprestasi. 

"Jika kita taat dengan aturan, diyakini tidak akan ada persolan dikemudian hari. Saya sangat terkesan dengan silahturahim kepala sekolah ini, kegiatan seperti ini mesti dipertahankan, kalau guru-guru bersatu lasti akan lahir penerus-penerus bangsa yang cerdas, "tambahnya.

Dalam rangkaian acara FMKKS SMP se Sumatera Barat ini, juga ditampilkan penampilan tari pasambahan dan musik tradisi dari pelajar Limapuluh Kota, ditambah dengan kegiatan-kegiatan hiburan lainnya, seperti, lermainan KIM dan menyanyi bersama. (ada)