BIJAKONLINE (Pasaman Barat). Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman Barat terus gelar Manasik Haji di berbagai kecamatan di wilayah itu. Setidaknya 253 orang Calon Jemaah Haji (CJH) akan berangkat ke tanah suci awal bulan Agustus ini.

Kakan Kemenang Pasbar, Drs. H.Miswan didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Suharjo S.Pd.I, Kamis (13/7) di ruang kerjanya menyampaikan sebanyak 253 orang CJH asal tanah sawit itu akan berangkat menuju tanah suci pada 3 Agustus mendatang, untuk itu sekarang mereka  tengah melakukan manasik haji di empat kecamatan yang telah di tetapkan.

Jelang keberangkatan, para CJH dberikan bekal oleh para tutor bagaimana penyelenggaraan ibadah haji yang baik, untuk itu mereka membagi waliyah penyelenggarannyaenjadi empat titik atau di empat kecamatan sehingga para  CJH dapat lebih mengerti dan paham tentang pelaksanaannya, serta mereka tidak sia-sia nantinya.

Sepertihalnya pelaksanaan manasik haji di kecamatan Kinali digabungkan dengan kecamatan Luhak Nan Duo, Kecamatan Pasaman digabungkan dengan Kecamatan Talamau, Kecamatan Sasak dan Kecamatan Gunung Tuleh, Kecamatan Lembah Melintang digabungkan dengan Kecamatan Sungai Aur sedangkan Kecamatan Sungai Beremas di gabungkan dengan Kecamatan Koto Balingka dan Kecamatan Ranah Batahan sehingga pelaksanaannya dapat di pahami oleh CJH.

Dalam pelaksanaan manasik para tutor memberikan bimbingan tentang pelaksanaan ibadah, sebagaimana teknik pelaksanaan, menjaga kesabaran, keiklasan dan yang paling utama dalah menjaha  kesehatan masing-masing CJH nantinya.

Selain itu,  merka juga berharap agar para jemaah dapat mengikuti aturan-aturan sebagaimana yang telah di sarankan tutor agar di tanah suci para CJH dapat menjaga kedisiplinan, sehingga pelaksanaan haji kita sesuai dengan apa yang di harapkan, menjadi haji yang mabrur," (Arafat)