BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Dalam beberapa tahun ini, keberadaan SMKN 3 Payakumbuh, terus diburu siswa setiap tahunnya. Sehingga banyak siswa tidak dapat tertampung, dikarenakan sesuai kebutuhan dan rombongan belar (Rombel).

“Membludaknya peminat masuk SMKN 3 Payakumbuh, tidak hanya siswa yang berasal dari Payakumbuh, akan tetapi juga banyak dari luar daerah, utamanya daerah tetangga kabupaten Lima Puluh Kota, “ujar Kepsek SMKN 3 Payakumbuh Dafrimal usai kegiatan sosialisasi persiapan Prakerin Kls XI TP 2017-2018 kepada orang tua murid di alua setempat, Jum’at (14/7).

Untuk menyikapi persoalan tersebut, SMKN 1, 2 dan 3 akan mencoba bekerjasama dengan kabupaten Lima Puluh Kota. Mudah-mudahan bupati Lima Puluh Kora Irfendi Arbi respon terhadap rencana MoU tersebut.

“Beberapa hari lalu, kami melihat kabupaten Lima Puluh Kota bersama pemerintah nagari, memberikan bantuan kepada siswa berprestasi, dimana dalam bantuan itu termasuk siswa kami bernama Alif Rahmadani dan Gafa Aditian pelajar dari SMAN 2 Payakumbuh, “ujar Dafrimal.

Terpisah, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, mengapresiasi apa yang telah dilakukan pihak sekolah dalam memajukan dunia pendidikan. Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pihak sekolah SMKN Payakumbuh, karena ikut berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan dan telah menerima warga kabupaten Limapuluh Kota, bersekolah di kota Payakumbuh.

Terhadap kerjasama yang direncanakan pihak SMKN kota Payakumbuh dengan kabupaten Lima Puluh Kota, saya sangat beterima kasih atas niatnya itu. Artinya pucuak dicinto ulampun tibo. Memang ini yang kita harapkan.

Saat ini, pemerintah daerah bersama pemerintah nagari telah membuktikan kepada masyarakat luas. Bagi siswa berprestasi harus diransang dengan memberikan kebutuhan sekolah. Tujuan diberikan penghargaan itu, agar terus memacu prestasi siswa di sekolah.

“Sedangkan, bagi pelajar yang belum berhasil juara di kelas, agar menjadikan hal ini sebagai motivasi diri untuk bisa menjadi yang terbaik dikelas kedepan. Untuk tindak lanjut MoU, secara teknis kami harapkan dinas pendidikan Lima Puluh Kota menyikapi dengan cepat, “ujar bupati Irfendi Arbi. (Nura)