BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Nagari Sungai Beringin kukuhkan 5 niniak mamak, dalam acara baralek Batagak Penghulu, di halaman kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sungai Beringin, kecamatan Payakumbuh, kabupaten Lima Puluh Kota, Selasa (11/7). 

Alek Batagak penghulu itu, dihadiri bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, dan Camat Payakumbuh, Aimel Nazra. Ikut hadir, ketua KAN Sungai Beringin, A. Dt Gindo Malano, wali nagari Sungai Beringin, Lukman Hakim Dt Sinaro Nan Babudi, Kapolsek Payakumbuh AKP Hikmah, anggota DPRD, niniak mamak, bundo kanduang, beserta ratusan anak nagari Sungai Beringin.


Ketua panitia Batagak Penghulu, S Dt Bandaro Sati, mengatakan acara alek batagak penghulu ini sudah direncanakan beberapa bulan yang lalu melalui musyawarah mufakat, akhirnya berkat iuran dari kaum yang dikukuhkan kegiatan batagak penghulu ini bisa dilaksanakan sekarang.

Dikatakannya, niniak mamak yang dikukuhkan itu adalah, Hariadi Yanis dengan Gala Dt. Sinaro Kayo dari pasukuan kampuang Bodi suku Caniago, Teddi Arman, dengan gala DT Sinaro Nan Elok, dari kampung Bodi, suku Caniago. Selanjutnya, Yundrianto, Dt Panjang Lida dari kampunag Caniago, suku Caniago. Toni Markos, Dt Sinaro Rajo kampung Simabur Suku sembilan. Terakhir, Abdur Rahman, dengan gala DT Gindo Bosa, Kampung Sipisang, Suku Sembilan.

"Pengukuhan dan pembacaan sumpah dilakukan pucuak adat, untuk selanjutnya dipasangkan keris oleh Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. Pengukuhan itu, Empat mamak mangombang nan talipek dan satu lagi mangguguran mambaok tauladan," ujarnya.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengharapkan, niniak mamak yang baru dilantik bisa menjalankan amanah dan lebih memperhatikan sanak kemanakan, sehingga bisa menjadi panutan dalam masyarakat.

"Kita ucapkan selamat kepada niniak mamak yang baru saja dilantik, mudah-mudahan tugas dan fungsi niniak mamak ini difungsikan kembali ketengah masyarakat terutama kepada anak dan kemanakannya. Harapan kita, niniak mamak kedepan juga ikut berperan aktif dalam memajukan pembangunan di kabupaten Limapuluh Kota," katanya.

Jika semua ninik mamak telah menjalankan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat dan anak kemenakan, maka diyakini Kabupaten Limapuluh Kota akan lebih baik kedepan. Dengan bertambahnya jumlah ninik mamak yang memangku gelar, diharapkan tigo tungku sajarangan semakin solid.

Kemudian tigo tungku sajatrangan menjadi tonggak kokoh membangun nagari beserta seluruh masyarakat nagari. “Mari, ninik mamak, alim ulama dan cadiak pandai bersama pemerintah daerah bergandengan tangan membangun daerah," ujarnya.

Senada juga diungkapkan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sungai Beringin, A. Dt Gindo Malano, menurutnya kepada niniak mamak yang dilantik agar lebih memperhatikan keadan kaumnya kedepan.  "Saya ucapkan selamat kepada niniak mamak yang dilantik. Dengan bertambahnya penghulu, diharapkan Nagari Sungai Beringin Lebih Baik kedepan. Terimakasih kepada Panitia yang telah mensukseskan acara ini,"ulasnya. (Nura)