BIJAK ONLINE (PADANG)-Wakil Wali Kota Padang Emzalmi, Rabu (9/8) menjamu rombongan perantau asal Kota Padang yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi yang terhimpun dalam Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Kota (Bako IKK) Padang di Jabodetabek. 

Ketua Umum Bako IKK Padang Syahril Amir menyebutkan, kunjungan tersebut untuk meningkatkan silaturahmi dengan Pemerintah Kota Padang kali ini bersama Wakil Walikota Emzalmi, seiring memanfaatkan momen ‘Pulang Kampuang’ memenuhi undangan peringatan Hari Jadi Kota Padang ke-348 pada 7 Agustus 2017.

"Kami memiliki agenda diantaranya mengikuti Sidang Paripurna memperingati Hari Jadi Kota Padang di DPRD Padang. Setelah itu kita juga melihat beberapa objek wisata dan kondisi Kota Padang, di samping menghadiri jamuan dari Walikota dan kali ini bersama Wakil Walikota,” sebutnya dalam pertemuan yang dilangsungkan di Rumah Dinas Wakil Walikota Padang, Jalan A. Yani 51 tersebut.

Syahril Amir juga menyebutkan, selaku organisasi kumpulan para perantau di Jabodetabek, Bako IKK Padang bergerak di dua program yakni bidang sosial dan ekonomi. Maka itu ia selalu memantau berbagai potensi yang bisa dikembangkan untuk semakin memajukan Kota Padang ke depan. 

"Salah satunya kemarin kita lihat di kawasan Lubuk Minturun, menurut kita sangat baik dan cocok bila dikembangkan menjadi daerah agrowisata. Kemudian itu di Bungus Timur Kecamatan Bungus Teluk Kabung, sangat tepat agar bisa dibuat industri ikan. Tak hanya itu, di Kecamatan Pauh dan Kuranji pun juga cocok sekali untuk pendidikan dan usaha mikro kecil dan menengah sesuai potensi yang ada,” menurut salah seorang Ketua LSM ternama di Jakarta tersebut.

Lebih jauh dikatakannya, ia pun berharap  konsep ini  dapat dikembangkan nantinya. Bako IKK Padang pun menyatakan siap membantu mewujudkannya ke depan. Tak hanya itu, upaya lainnya juga saat ini tengah menyiapkan salah satu rumah dari warga Bako IKK yang akan disulap menjadi etalase produk-produk UMKM dari masyarakat Kota Padang. 

“Alhamdulillah, warga Bako IKK Padang saat ini lebih kurang sudah hampir seribu orang. Insya Allah kita akan senantiasa membangun sinergi antara keluarga yang dirantau dan di kampung halaman untu kemajuan Kota Padang yang kita cintai ini," ungkapnya yang diamini Rusli, perwakilan Bako IKK di Padang.

Sementara itu, Wakil Walikota Padang H.Emzalmi mengaku senang bisa bertemu dan berbincang-bincang dengan rombongan Bako IKK Padang di Jabodetabek tersebut. Emzalmi juga mengharapkan, perantau asal Padang di Jabodetabek agar senantiasa aktif dalam membangun kampung halaman, terutama perantau dari kalangan pengusaha. 

“Peran perantau sangat besar pengaruhnya dan saat ini telah ada beberapa perantau yang berinvestasi.untuk Kota Padang. Semoga saja langkah ini terus berlanjut hingga masa-masa yang akan datang  demi  kemajuan Kota Padang,” imbuh Wawako.  

Usai pertemuan tersebut, rombongan Bako IKK Padang langsung dijamu dengan makan siang bersama. Semuanya tampak saling bercengkrama dan melihatkan kebersamaan. (David / Nda / Fsl)