BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Dimusim kemarau ini, kebakaran tak berhenti mengamuk di Lima Puluh Kota. Mendengar adanya rumah dan lahan masyarakat yang kena musibah kebakaran, bupati Irfendi Arbi langsung membezuk keluarga korban, sembari memberikan bantuan.

Buktinya, bupati kabupaten Lima Puluh Kota Irfendi Arbi serahkan bantuan kebakaran, berupa Matras, Tenda Gulung, Selimut, Paket Sandang, Lauk Pauk Paket C, untuk korban Fenti (45) di Jorong Piladang Nagari Koto Tangah Batu Ampa, kecamatan Akabiluru, Rabu (2/8).

Kebakaran nyaris menghanguskan rumah milik Fenti. Korban Fenti pada saat kejadian berada dalam rumah, beruntung korban segera keluar dengan bergegas. Api diduga berasal dari korsleting arus pendek listrik. 

Peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, membuat masyarakat sekitar panik. Untunglah tim reaksi cepat dinas Damkar setempat, datang dengan cepat, tanpa membuang waktu, dengan cepat pula langsung memadamkan api.

Rumah korban Fenti berlantai II itu, dilalap sojago merah di bahagian atasnya tidak bersisa lagi oleh api. Kerugian akibat kebakaran di Piladang ini ditaksir mencapai Rp30 juta. Saat ini masih dalam proses penyelidikan pihak berwajib.

Dirumah korban, bupati Irfendi Arbi, mengatakan, agar korban tabah menghadapinya, dan diminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar terus waspada, karena saat ini musim kemarau. Pastikan api benar-benar telah padam didapur, jangan membuang puntung rokok sembarangan serta jangan membakar sampah ketika angin kencang.

Kita harus hati-hati akan bahaya kebakaran, matikan lampu, api kompor atau lainnya sewaktu kita meninggalkan rumah. Sekarang musim panas, musibah kebakaran selalu menyisakan duka dan kerugian masyarakat yang tidak sedikit.

“Kedepan, kita berharap tidak ada lagi kejadian kebakaran di Lima Puluh Kota, dengan selalu waspada akan api. Bantuan ini, bisa meringankan beban korban. Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap warga yang tertimpa musibah,” ujar Irfendi ketika menyerahkan bantuan.

Terpisah, Plt Kadis Pemadam Kebakaran Lima Puluh Kota Irwandi, menyebutkan, dalam minggu ini, peristiwa kebakaran memang sering terjadi, Kebakaran itu tidak saja melalap rumah penduduk, akan tetapi juga membakar beberapa lahan atau perkebunan rakyat.

“Pada prinsipnya, dinas Damkar sudah berkali-kali menghimbau kepada masyarakat, agar terus waspada. Himbauan itu, sudah disampaikan kepada Wali Nagari dan Camat. Begitu juga kepada lapisan masyarakat dan via media social lainnya, “ujar Irwandi. (ada)