BIJAK ONLINE (Padang)-Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni telah berencana menjadikan Pantai Tiram menjadi  pusat berbagai kegiatan olahraga air dan destinasi wisata keluarga. Alasannya, selain Pantai Tiram punya potensi keindahan alam, juga dekat dengan Bandara Internasional Minangkabau.

"Kita berharap,pertandingan dayung dan dragon boat Prorprov 2018 bisa dilaksanakan di Pantai Tiram, karena Kabupaten Padang Pariaman jadi tuan rumah Porprov 2018," kata Bupati Ali Mukhni melalui selulernya, Sabtu sore, 5 Agustus, 2017.

Kemudian, kata Ali Mukhni, dirinya juga siap berkomunikasi dengan Pengprov PODSI Sumbar, serta Ketua V KONI Sumbar, Ali Musri untuk membicarakan berbagai masalah tentang rencana pembangunan Pantai Tiram. Begitu juga dengan tawaran Forum Peduli Olahraga dan Wisata. "Sebenarnya keinginan saya untuk menata Pantai Tiram sebagai destinasi wisata keluarga dan kuliner, sudah lama dan saya menyambut baik tawaran kerjasama yang disampaikan Forum Peduli Olahraga dan Wisata dan Pengprov PODSI Sumbar," katanya.

Secara terpisah, Plt PODSI Padang Pariaman, Marjan menyebutkan, sebenarnya Dinas Pariwisata Sumatera Barat, telah merekomendasikan Pantai Tiram menjadi salah satu destinasi wisata keluarga. "Alasannya, karena Pantai Tiram terletak di wilayah strategis yaitu berada di jalan alternatif Bandara Internasional Minangkabau menuju Kota Pariaman," katanya.

Kondisi ini, kata Marjan, pasti membuat wisatawan, akan memilih jalan menuju ke Kota Pariaman, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Pasaman, melalui  Pantai Tiram karena jalur ini relatif pendek ketimbang melalui Simpang Lintas, Kecamatan Lubuk Alung.

Kemudian, wisatawan bisa memanfaatkan waktu istirahat dengan singah di Objek Wisata Pantai Tiram dengan menyantap berbagai kuliner seperti gulai kepala ikan sambil menikmati indahnya suasana pantai. "Pemkab Padang Pariaman, 2009 lalu, juga  telah melakukan penanaman pohon vinus dengan istilah sejuta pohon dan kini pojhon-pohon vinus tersebut telah tumbuh, sehiangga membuat Pantai Tiram kian indah," tambah polisi air ini.(prb).