TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Dan Dim 0308 Pariaman dikomandoi Letkol. Arh. Hermawansyah gandeng Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman lakukan Pencanangan Bhakti TNI KB-Kesehatan dalam rangka peningkatan program kependudukan keluarga berencana dan wujud keseimbangan pertumbuhan penduduk. 

Kegiatan ini ditandai pemukulan Gong Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman disaksikan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di Halaman Kodim 0308 Pariaman Toboh Palabah, Kamis (3/8/2017).
Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, dalam pidatonya menngatkan, Program KB-Kesehatan sangat bermamfaat  dalam jangka panjang, terkendalinya pertumbuhan penduduk akan memiliki dampak positif lain terutama bagi kesejahteraan perekonomian keluarga.

Mukhlis Rahman, ingatkan, urusan KB bukan hanya urusan kaum perempuan, namun harus didukung pria. Paradigma perempuan sebagai objek KB harus dirobah dengan paradigma pria dan perempuan bersama-sama ikut program KB.

“Program ini secara nyata bisa memberikan pengaruh positif sekaligus memberikan kontribusi bagi masyarakat, terutama keluarga prasejahtera,” tutup Mukhlis.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mengapresiasi Kodim 0308 Pariaman dalam menggiatkan kegiatan kesehatan danmendukung program pemerintah.

Ali Mukhni juga menuturkan keberhasilan program KB di daerahnya, sebagaimana dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Surabaya tahun lalu, ia bersama Komandan Kodim (Dandim) 0308 Letkol Inf Nursyamsuddin menerima penghargaan tertinggi dari Presiden RI dan hanya satu-satunya Dandim yang menerima penghargaan di kala itu sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama bersama pemerintah daerah.

Selanjutnya dalam expose Dandim 0308 Pariaman Letkol Arh. Hermawansyah menuturkan, kerjasama yang dilakukan oleh Kodim 0308 Pariaman dengan pemerintah Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman telah berlangsung cukup lama, dan kita selalu mendukung program yang dibuat oleh pemerintah tersebut dengan tujuan untuk menuju kesejahteraan keluarga dan ketahanan keluarga, sehingga tercipta ekonomi yang lebih baik.

Kegiatan ini juga menggelar perlombaan grup kesenian dari dua daerah bertetangga ini serta kegiatan pemasangan alat KB dan implan kepada masyarakat di dua wilayah ini.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat Syahruddin, Forkopimda Pariaman dan Padang Pariaman, MUI Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, Kepala DP3AKB Kota Pariaman Definal, Kepala PPKB Kabupaten Padang Pariaman Yutiardi Rivai, Perwakilan Kapolres Pariaman, Kepala OPD Pemko Pariaman, serta Para tenaga operasional Bidan dari Duo daerah yang bertetangga tersebut. [rel/amir]