TABLOIDBIJAK.COM (Padang Paariaman)-Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman adakan Lomba Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) Tingkat  Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2017, Kamis, 3 Agustus 2017.

Kegiatan ini merupakan upaya membangun budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas jalan sebagai wujud implementasi diberlakukannya UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Jalan.

Lomba erlangsung satu hari penuh di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman Jl. Sudirman No. 187 Pariaman, diikuti 20 orang peserta terdiri dari awak Angkutan Pedesaan (Angdes), AKAP/ AKDP/Taxi yang berada dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman H. Budi Utama, SE, M.Si mengatakan tujuan dari pemilihan Abdi Yasa Teladan ini untuk meningkatkan motivasi pengembangan diri baik aspek keterampilan, pengetahuan maupun sikap.

Disamping  itu juga untuk mewujudkan awak kendaraan umum sejajar dengan insan pembangunan lainnya dengan cara memberikan pemahaman, pelayanan dan penghargaan terhadap profesinya.

"Penilaian ini tiap tahun kita adakan dengan maksud untuk meningkatkan motivasi pengembangan diri baik aspek keterampilan, pengetahuan maupun sikap, namun juga untuk mewujudkan awak kendaraan umum sejajar dengan insan pembangunan lainnya dengan cara memberikan pemahaman, pelayanan dan penghargaan terhadap profesinya," tukuknya mengakhiri.

Sementara, juri terdiri tiga orang berasal dari Dinas Perhubungan, Kepolisian dan PT. Jasa Raharja.
Sistem Penjurian ini melalui tes tertulis dan wawancara. Seluruh peserta yang mengikuti lomba pemilihan Abdi Yasa Teladan ini diberi sertifikat pelatihan dan pemenang akan diumumkan melalui papan informasi Dinas Perhubungan, Jum’at 4 Agustus 2017. Pemenang di tingkat Kabupaten Padang Pariaman akan mewakili Padang Pariaman pada perlombaan Tingkat Propinsi Sumatera Barat. (rel/amir)