BIJAK ONLINE (PAYAKUMKBUH)---Bupati kabupaten Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, mengatakan, untuk meningkatkan pembangunan pada berbagai sektor terus berupaya, dengan menjalin kerjasama dari berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi. 

“Kerja sama itu, tidak saja dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), UNP, Politeknik Pertanian Payakumbuh dan perguruan tinggi lainnya, Irfendi juga melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Andalas (Unand), “ujar bupati Irfendi Arbi ketika penandatanganan nota kesepahaman dengan Rektor Unand Prof. Dr. Tafdil Husni, M.BA di ruang rapat bupati, Senin (31/7). 

Sesuai nota kesepahaman, keduanya akan bekerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, serta perencanaan dan pembangunan kabupaten Limapuluh Kota.

“Kita berharap kerjasama ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan pembangunan di kabupaten Limapuluh Kota. Kita menyambut baik kerjasama ini, sebab salahsatu visi dan misi kita adalah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi,” ungkap bupati Irfendi dalam sambutannya pada acara penandatangan MoU tersebut.

Dikatakan, tidak saja dengan Unand, jauh hari sebelumnya Pemkab Limapuluh Kota juga telah melakukan kerjasama dengan IPB guna mengangkat komoditi gambir di daerah ini. Selain itu juga kerjasama dengan UNP terkait dengan masalah bencana alam di Kabupaten Limapuluh Kota, serta dengan Politeknik Pertanian guna meningkatkan produktifitas pertanian dan lainnya.

“Kita sangat bergembira bisa bekerjasama dengan Unand. Selain mengharapkan pihak Unand untuk terus melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di daerah ini, kita juga ingin bekerjasama dalam perencanaan pembangunan. Sebab, kita sangat menyadari, tanpa perencanaan yang baik, sulit diharapkan hasil pembangunan yang baik,” terang Irfendi.

Menurut Irfendi, Pemkab Limapuluh Kota perlu adanya kerjasama dengan pihak perguruan tinggi untuk dapat membantu daerah mengolah sumber daya yang ada guna mencapai harapan peningkatan kemakmuran bagi masyarakat. Sebab, perguruan tinggi merupakan tempat orang yang berilmu. “Dengan ditandatangani MoU ini, kita berharap Unand dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi bagi kabupaten Limapuluh Kota,” ulang Irfendi.

Sebelumnya Rektor Unand Tafdil Husni dalam paparannya mengatakan, selain kerjasama dalam  aspek pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat serta perencanaan dan pengembangan Kabupaten Limapuluh Kota. 

Tujuannya kerjasama ini, untuk terwujudnya sinergitas antara Pemkab Limapuluh Kota dengan Unand dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat serta perencanaan dan pengembangan daerah ini.

Pada bidang pendidikan, lanjut Tafdil, kedua pihak sepakat meningkatkan  kualitas pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan serta pengembangan program study. Sedangkan terkait dengan bidang penelitian dan pengembangan diharapkan adanya kesepakatan untuk mengakomodir objek dan lokasi penelitian dan pengembangan  yang menguntungkan kedua belah pihak. 

Berikutnya pada bidang pengabdian, disepakati mendukung dan melaksanakan aktivitas pengabdian civitas akademika dalam mensejahterakan masyarakat. Sementara pada bidang perencanaan dan pengembangan, kedua pihak sepakat bekerjsama memajukan kesejahteraan masyarakat dalam perencanaan dan pembangunan kabupaten Limapuluh Kota.

“Banyak hal yang bisa dikerjasamakan. Unand yang mempunyai tenaga ahli di bidang administrasi keuangan juga siap mendampingi pemerintah nagari dalam mengelola keuangan nagari agar pemerintah nagari tidak terperangkat dalam masalah keuangan,” ujar Tafdil. (ada)