BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Geno Putra Wijaya (19) dan Fauziah Azahra (21), dinobatkan dewan juri sebagai Uda Uni  Duta Wisata Kota Payakumbuh 2017. Melalui perjalanan panjang, sejak 26 Juli lalu, hingga malam grand final di GOR Serbaguna M. Yamin, Sabtu (29/7).

Grand final pemilihan Uda Uni Duta Wisata itu, disaksikan, Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, Dandim 0306/50 Kota Kol. Inf. Heri Sumitro, Ketua Dekranasda Payakumbuh Hj. Henny Yusnita, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Elfriza Zaharman bersama  sejumlah anggota Forkopimda lainnya serta pimpinan OPD, dan ratusan penonton.

Setelah menjalani latihan kepribadian selama karantina di sebuah hotel melati di Payakumbuh, 15 pasang Uda dan Uni, tampil satu persatu melewati catwalk di GOR M. Yamin, dan dari hasil penilaian tahap awal loloslah 7 pasang ke babak utama.

Dewan juri yang berjumlah 8 orang diketuai Dekranasda Hj. Henny Yusnita, selanjutnya, memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar dunia pariwisata lokal, regional dan nasional, selain kemampuan mengetahui seni  budaya alam Minangkabau. Dan para finalis langsung menjawab didepan dewan juri dan penonton. Hingga akhirnya,  Geno Putra Wijaya dan Fauziah Azahra sukses meraih gelar juara Uda Uni dan Duta Pariwisata Payakumbuh 2017.

Untuk selanjutnya, Geno Putra Wijaya dan Fauziah Azahra, berhak mengikuti pemilihan Uda Uni Duta Wisata Sumatera Barat 2017, yang dijadwalkan berlangsung di Padang, awal November mendatang.  Sedangkan, pemenang untuk Uda Wakil I dan II, diraih Yurio Kevin dan Muhamad Ikhsan. Sementara, pemenang Uni Wakil I dan II diraih Nadia Anggraini dan Fransisca Esa Putri.

Sementara, Walikota Riza Falepi, dalam sambutannya, berharap,  Uda Uni Duta Wisata terpilih, punya tanggung jawab moral untuk mengenalkan Payakumuh dan Sumatera Barat  ke dunia luar, dari segi konteks budaya, kesenian dandunia kepariwisataan Payakumbuh dan Sumatera Barat.

Di bagian lain dikatakan, tujuan penyelenggaraan iven ini, bukan sekedar mencari adu penampilan fisik semata melainkan mencari talenta generasimuda Payakumbuh yang memiliki karekteristik, kepribadian yang baik serta pengetahuan luas.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kota Payakumbuh Elfriza Zaharman menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang pemilihan para pemuda dan pemudi yang punya komitmen untuk memajukan kepariwisataan kota Payakumbuh, yang nantinya akan diberi peran dalam mempromosikan Payakumbuh di berbagai iven, baik lokal maupun nasional.

“Kepada uda uni terpilih, berhak untuk mewakili kota Payakumbuh pada ajang yang sama di tingkat Sumatera Barat nantinya di kota Padang, semoga saja nantinya Geno Putra Wijaya dan Fauziah Azahra, dapat membawa harum nama kota Payakumbuh di tingkat Sumatera Barat dan bahkan nasional,” harap Cece nama akrap Elfriza Zaharman. (ada)