TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Sekretaris Nagari Koto Tinggi, Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau, Junaidi, mengatakan, salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada anggaran tahun 2017, membuka Jalan Lingkar Wahana Bahari di Korong Pasar Ampalam. 

Demikian antara lain penjelasan Sekretaris Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir Kacamatan Sungai Limau, ketika diihubungi di ruang kerjanya, Jum’at (11/8/2017). 

Menurut Junaidi, panjang jalan yang dibuka 1.300 meter dengan lebar 6 meter, tujuan pembukaan jalan ini untuk membuka ikon wisata pantai, guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan bisa menambah pendapatan asli nagari.

Lebih jauh disampakan Junaidi, pembukaan badan jalan ini merupakan lanjutan dari tahun anggaran 2016, sebanyak Rp. 40 juta. Kemudian pada tahun anggaran 2017, dianggarkan lagi sebanyak Rp. 80 juta. 

Pekerjaan pembukaan dilaksanakan warga setempat, sistim padat karya dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan dan  sampai kini pekerjaan telah mencapai 75 parsen. “Muda-mudahan dalam waktu dekat, kalau cuaca baik pekerjaan bisa diselesaikan,” ujar Junaidi.

Menurut Junaidi, lama pekerjaan 45 hari kalender. Target sampai pengaspalan hotmix akan menghabiskan anggaran Rp. 2,5 milyar, Nagari akan mengerjakan sesuai dengan kemampuan anggaran, setelah pembukaan dan pengerasan jalan ini akan disampaikan kepada kabupaten untuk peningkatan pengaspalannya. 

“Kami sangat berharap dari Pemda Padang Pariaman, untuk dapat nantinya meningkatkan dengan pengaspalan, sehingga jalan ini bisa untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Nagari Koto Tinggi yang terletak di tepi pantai,” ulas Junaidi lagi.

Bendahara Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Dina Harisa Rahmah, A.Kom, mengatakan  pada Tahun 2017, Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, mendapat kucuran Dana Desa (DD) sebanyak Rp. 873.672.795, yang dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan pembukaan badan jalan serta lainnya. Selain ini ada lagi pembukaan jalan Lingkar Kalampaian Simpang.(eni/amir)