BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Komitmen tinggi menjaga kebersihan setiap tahunnya, piala adipura kembali ke pangkuan kota Payakumbuh, hebatnya piala adipura diraih masyarakat Payakumbuh itu, utamanya pasukan kuning, berturut selama 10 tahun.

Lambang kejayaan di bidang kebersihan dan pertamanan itu, diterima Walikota Payakumbuh, Riza Falepi pada Malam Anugerah Lingkungan bertempat di Auditorium Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Rabu (2/8). 

Piala dua kepal tangan bagi kota Payakumbuh itu, diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya. Usai penyerahan, Walikota bersama Kadis LH Jhon Kenedi, didampingi Kabid Kebersihan dan Pertanaman Men Apris dan pejabat lainnya foto bersama.

Riza Falepi mengungkapkan, “adipura kesepuluh ini menjadi kebanggaan tersendiri. Karena artinya sudah genap sepuluh kali, Payakumbuh diakui sebagai kota yang berkomitmen tinggi menjaga kebersihan dan ramah lingkungan. Dan benar-benar tak mudah mempertahankan gelar adipura dari waktu ke waktu," ujarnya.

"Yang terpenting adalah bagaimana tetap menjadikan hidup bersih ini sebagai bagian dari gaya hidup dan menjaganya terus berkelanjutan seperti itu," terang Walikota.

Hal senada juga diungkapkan kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Payakumbuh, Jhon Kenedi, di Payakumbuh, Minggu (6/8), target Pemerintah kota  Payakumbuh bukan sekedar adipura, tetapi budaya gaya hidup bersih dan adipura sebagai bonusnya.

Adipura kesepuluh ini, merupakan wujud dari kepemimpinan Kepala Daerah dan partisipasi aktif masyarakat kota Payakumbuh untuk mewujudkan kota yang berkelanjutan secara ekologis, sosial, dan ekonomis. Setiap tahunnya, penilaian adipura terus ditingkatkan dan diperketat agar terseleksi kab/kota yang sungguh-sungguh berkomitmen.

"Komitmen kota Payakumbuh paska meraih sepuluh adipura memang tidak diragukan. Tapi bagaimana kedepan, selalu ada peningkatan dalam perwujudan komitmen itu. Terutama dibidang pengelolaan sampah, berimbas pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat,“ jelas Jhon Kenedi. (ada)

google+

linkedin