BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)----Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengimbau berbagai pihak termasuk masyarakat menyemarakkannya dengan melakukan berbagai kegiatan positif. 

“Menindaklanjuti surat Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Nomor : B-545/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2017, hal partisipasi menyemarakkan bulan kemerdekaan, saya meminta seluruh instansi pemerintah maupun lembaga swasta serta masyarakat untuk bersama-sama mengibarkan bendera Merah Putih secara serentak di kantor dan di rumah masing-masing mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus 2017,” ujar bupati Irfendi Arbi kepada tabloidbijak.com di kantor bupati setempat, Rabu (2/8).

Selain bendera, bupati juga mengajak memasang umbul-umbul, serta dekorasi dan pernak-pernik lainnya yang bisa menyemarakkan lingkungan sekitar. Disamping itu juga spanduk-spanduk dan baliho yang berisikan pesan-pesan kemerdekaan, perjuangan, rela berkorban, gotong royong dan lain sebagainya.

Dikatakan, memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ini merupakan salahsatu wujud penghargaan terhadap para pahlawan, sekaligus untuk mengenang jasa-jasa para pendahulu bangsa yang telah berkorban membela dan merebut Kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

“Kita juga meminta para camat agar menyampaikan hal ini ke nagari-nagari, jorong dan pihak-pihak swasta di kecamatan masing-masing. Tak kalah pentingnya, mendorong kreativits masyarakat dalam menyemarakan HUT Kemerdekaan ini,” ujar Irfendi.

Salah seorang pemuda, jorong Kayu Tanam, kenagarian Labuah Gunung, kecamatan Lareh Sago Halaban, Jusfaisal (27), mengatakan, dia bersama pemuda-pemudi akan merayakan HUT RI ke 72 tahun ini dengan beragam kegiatan, diantaranya pertandingan voli bal, sepak takrau, pacu memasukan belut ke dalam botol dan lain-lainnya.

Nada yang sama juga dilontarkan Adek (40), warga Situjuah Banda Dalam, kecamatan Situjuah Limo Nagari, setiap tahun, tepatnya merayakan HUT RI, terus mengadakan alek tradisi berupa panjat batang pinang. Jujur kami katakan, agar acara tersebut meriah, kami mengumpulkan uang sumbangan dari mobil dan sepeda motor yang lewat.

“Kegunaan uang itu, utamanya untuk hadiah para pemajat yang berhasil sampai kepuncak batang pinang, kemudian untuk biaya ATK, makan minum panitia, dan ongkos mencari batang pinang serta buat beli gomok dan minyak pelicin batang pinang. Yang penting menyambut HUT RI harus dimeriahkan dengan kegiatan positif, “ujarnya. (ada)