TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)---Pemda Padang Pariaman, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 72 tahun 2017, mengadakan Pameran (Bazar). Dinas Kelautan dan Perikanan menampilkan usaha Pengolahan Ikan di bawah Kelompok Asosiasi Wanita Pengolah Ikan (Aswapi) Padang Pariaman, Selasa (9/8/2017).

Ketua Aswapi Padang Pariaman, Asnita, mengatakan,organisasi yang dipimpinnya, telah berdiri sejak 2 tahun silam dan dalam Aswapi ini ada 15 kelompok wanita Pengolah Ikan yang bergabung se Padang Pariaman, sejak dari Ketaping sampai ke Gasan, sepanjang Pantai di Kabupaten Padang Pariaman.

Dikatakan, Aswapi mengolah bermacam-macam produk ikan, seprti, sala ikan, iakan asin, tepung sala, nagt ikan, kerupuk ikan, rakik ikan, rakik maco, eakik udang dan garam. Hasil usaha itulah yang ditmpilkan dalam Pameran. 

“Alhamdulillah, peminat cukup banyak dan yang paling banyak terjual, naget ikan yang diolah Kelompok Putri Bahri yang diketuai Parida. Kemudian Rakik Maco yang diolah Kelompok Saiyo Sakato, Nagari Koto Tinggi Kuranji Hulu diketua Eni Sulastri,” ujar Asnita menjelaskan didampingi Eva Fatimah dari Dinas Kelautan dan Perikanan.

Lebih jauh  disampaikan Asnita, organisasi yang dipimpinnya, selain menggiatkan usaha juga ada Arisan bulanan yang dilaksanakan bergiliran dan kegiatan ini selalu dapat pembinaan dari penyuluh perikanan kecamatan masing-masing dan Aswapi, selalu tampil pada setiap Pameran (Bazar) baik di Kabupaten Padang Pariaman atau pun Tingkat Sumatera Barat.

Menurut Asnita, acara Bazar HUT RI ke 72 Tahun 2017 yang diadakan Pemda Padang Pariaman, berjalan dengan sukses dan pengunjung cukup banyak, begitu juga kelompok banyak pula yang menampilkan usahanya. 

“Ini merupakan kegiatan yang sangat positiif dan bagi yang tidak mau tampil, akan merugi sendiri dan yang berani tampil itulah yang beruntung,” tutur Asnita yang didampingi Eni Sulastri dan diaminini anggota lainnya. (eni/amir)