BIJAK ONLINE (Denpasar)-Presiden Joko Widodo resmi membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-1 Partai Hanura tahun 2017. Dalam pembukaan Rapimnas yang digelar di The Stones Hotel, Kuta, Bali, pada Jumat, 4 Agustus 2017 itu Partai Hanura juga resmi berkomitmen untuk terus mengawal program-program pembangunan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Partai Hanura yang selalu mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah tanpa kita minta. Kita harapkan ke depan dukungan-dukungan terhadap program-program pemerintah yang kita laksanakan semoga semua bisa berjalan dengan baik," Presiden mengapresiasi.

Saat memberikan sambutan, Kepala Negara menjelaskan seputar pencapaian program-program pemerintah selama ini. Kepercayaan masyarakat yang diperoleh pemerintah merupakan salah satu di antaranya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah upaya dilakukan pemerintah guna menjaga perekonomian negara. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pun dapat terjaga. 

Selain itu, masyarakat juga memberikan kepercayaan kepada pemerintah yang diketahui melalui survei yang dirilis oleh Gallup World Poll baru-baru ini. Momentum inilah yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Kepercayaan dan momentum-momentum seperti ini harus kita gunakan. Jangan sampai di dalam negeri sendiri justru ada pesimisme. Padahal masyarakat luar memandang kita dan iri terhadap pertumbuhan dan kepercayaan yang begitu sangat baik diberikan oleh masyarakat," kata Presiden.

Sementara itu, Presiden kembali menyampaikan komitmen program pembangunan nasional yang dicanangkannya sejak awal memerintah. Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur saat ini terus berjalan, baik yang berada di Pulau Jawa maupun di luar Jawa.

"Untuk apa? Ini adalah untuk mempersiapkan daya saing kita dalam rangka persaingan global yang memang mau tidak mau harus kita hadapi," ujarnya.

Berbicara soal persaingan global, banyak sekali perubahan-perubahan yang nyata terlihat. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kembali mengingatkan perubahan-perubahan itu dan bagaimana Indonesia harus mampu bersikap fleksibel dalam menghadapinya.

"Kalau kita masih berkutat pada rutinitas dan tidak berani melakukan terobosan-terobosan, bisa kita betul-betul ditinggal oleh zaman dan kalah dalam persaingan global," ucapnya.

Untuk diketahui, dalam Rapimnas tersebut, Partai Hanura juga secara resmi memberikan dukungannya bagi pencalonan Presiden Joko Widodo sebagai calon presiden periode 2019-2024. Keputusan dukungan tersebut diambil setelah 34 DPD Partai Hanura secara bulat memberikan dukungannya.

Dimintai tanggapannya terkait dukungan tersebut, Kepala Negara menyatakan bahwa setiap partai maupun individu memiliki hak untuk menyampaikan pandangannya. Adapun saat ini, ia masih ingin berkonsentrasi untuk menyelesaikan program-program yang dijalankan pemerintah.

"Saya sekarang ini masih fokus menyelesaikan, masih konsentrasi, menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan dan program-program yang masih dalam proses, yang masih harus saya selesaikan. Tugas saya fokus saya ke situ," tuturnya.

Turut mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Bali I Made Mangku Pastik dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.


Kuta, 4 Agustus 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

google+

linkedin