BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---PT BPR Rangkiang Denai kota Payakumbuh, salah satu BPR, kembali memperoleh penghargaan BPR Awards dengan predikat sangat bagus dari Analisis Strategi Perbankan dan Keuangan (Infobank) di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Jumat, (11/8). 

Direktur Utama PT. BPR Rangkiang Denai kota Payakumbuh Gusman Dodi, kepada wartawan, Minggu (13/8), mengatakan,  penilaian kinerja bank ini dilakukan setiap tahun oleh Riset Infobank terhadap Rangkiang Denai kota Payakumbuh sejak 8 tahun yang lalu.

Ada lima indikator utama yang digunakan biro riset Infobank dalam melakukan rating BPR tahun ini. Pertama aspek permodalan (Capital Asset Ratio) dengan indikator CAR bertingkat. Kedua kualitas aktiva produktif dengan titik fokus penilaian besaran Non Perfomance Loan (NPL). Ketiga aspek Rentabilitas dengan titik acuan Return On Assert (ROA) dan Return On Equity (ROE).

Keempat aspek likuiditas untuk mengukur intermediasi dengan acuan Loan to Deposit Ratio (LDR). Kelima aspek efisiensi dan efektivitas dengan acuan Biaya Operasional Berbanding Pendapatan Operasional (BOPO). Kelima indikator ini di bobot berdasarkan capaian dan melihat seberapa besar pertumbuhannya. 

Dari lima indikator utama inilah nanti dikomulatifkan sehingga menghasilkan bobot nilai gabungan sehingga layak atau tidak sebuah BPR mendapatkan penghargaan Infobank Award. PT. BPR Rangkiang Denai termasuk dari 89 BPR mendapatkan penghargaan setelah bersaing 1600 BPR yang ada se Indonesia.

Alhamdulillah PT BPR Rangkiang Denai Kota Payakumbuh kembali mendapat penghargaan dengan predikat Sangat Bagus, dan ini merupakan penghargaan yang ke 3 kalinya, yang sebelumnya telah di dapat pada tahun 2012 dan 2013.

Kami mengucapkan selamat kepada yang telah bekerja secara luar biasa selama ini, ini adalah kerja keras dari Komisaris, Direksi dan seluruh karyawan PT BPR Rangkiang Denai selama tahun 2016.

“Diharapkan untuk tahun selanjutnya, BPR Rangkiang Denai dapat mempertahankan dan semoga kinerja kedepannya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, semakin harmonis dan semakin kompak. Sekaligus menargetkan kembali Awards Infobank 5 tahun kedepan,"jelas Dodi.

Sebelumnya, ketua DPD Perbarindo Sumbar Parman, mengucapkan, selamat untuk kawan kawan yang meraih Infobank Award kali ini. Prestasi ini membuktikan BPR asal Sumbar bisa berbuat banyak dikancah nasional. 

Selain itu, penghargaan ini juga pengakuan lembaga independen terhadap dunia BPR di Sumbar bahwa BPR merupakan bank yang dikelola dengan profesional sesuai regulasi. Sehingga masyarakat tak perlu cemas dan ragu bermitra dengan BPR.

“Dalam catatan DPD Perbarindo dalam beberapa tahun terakhir BPR asal Sumbar semakin banyak yang berkinerja sangat bagus sesuai rating biro riset Infobank. Malahan dari tahun ke tahun jumlah BPR yang meraih Infobank Award terus bertambah, “ujar Parman. (ada)