BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Perayaan Hari Kemerdekaan RI KE-72, bakal  jauh berubah daripada perayaan tahun-tahun sebelumnya. Terutama di kecamatan Lamposi Tigo Nagori. bakal menggelar sepeda santai mengelilingi Lamposi Tigo Nagori pada 19 Agustus mendatang.

Ketua pelaksana sepeda santai Afari Shiddiqi, dikediamannya, Selasa (8/8), mengatakan, kita di Lamposi akan menggelar sepeda santai, gratis untuk umum. Berbagai hadiah menarik sudah disiapkan panitia. Ini dalam rangka perayaan HUT RI pada tahun ini.

Ajang sepeda santai gratis ini dicetus sejumlah pemuda dan tokoh-tokoh Latina, terutama dari Koto Panjang Dalam, nantinya dengan rute mengelilingi ruas jalan di 6 kelurahan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori.

“Untuk starnya dimulai dari Kelurahan Koto Panjang Dalam, Koto Padang, Parambahan, Padang Sikabu, Parik Muko Aia, Sungai Durian dan finis di Koto Panjang Dalam. Berbagai hadiah menarik berupa beberapa unit sepeda menjadi hadiah utama ajang sepeda santai tersebut,"jelasnya.

Hal senada juga didukung dan diungkapkan tokoh pemuda kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Jonal Yuliadi, sebelum sepeda santai dimulai, paginya panitia sudah merancang untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan senam pagi bersama masyarakat.

“Sedangkan pendaftaran buat peserta, sudah dibuka tanpa biaya apapun dan sampai hari ini sudah banyak yang mendaftarkan diri ikut sepeda santai pada 19 Agustus mendatang itu,”jelasnya.

“Sepeda santai, sangat didukung masyarakat Koto Panjang Dalam, perantau Lamposi, Pemko Payakumbuh, DPRD Payakumbuh,  Koni Payakumbuh, Gapensi Payakumbuh, PT Asri, Tara Pool dan Cafe, PT Mandevilla, KPU Payakumbuh, PT Statika, BPJS Kesehatan, Bank Nagari Cabang Payakumbuh,  dan lain sebagainya,"kata Jonal lagi.

Sementara itu, Camat Lamposi Tigo Nagori (Latina), David Bachri via selulernya mengatakan, kita sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena disamping sebagai rangkaian peringatan HUT RI, juga sebagai upaya meningkatkan semangat berolahraga di tengah masyarakat.

Apalagi sebelum acara dimulai juga akan diawali senam bersama serta pemeriksaan kesehatan gratis dari puskesmas Lampasi. “Kepada panitia dan peserta, kita berharap ajang tersebut dapat terlaksana dengan baik serta wujudkan Kantibmas dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya," harap David. (ada)