BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Ruang Terbuka Hijau (RTH), menjadi impian siapa saja dan sangat dibutuhkan bagi seluruh masyarakat, apalagi di lingkungan sekolah, disamping memberikan kesejukan dan kenyamanan, juga memperindah areal atau taman.

Hal tersebut dikatakan kepala sekolah SMAN 5 Payakumbuh Efda Sofliardi didampingi wakil kesiswaan dan murid asrama, diruang kerjanya, Jum’at (4/8), untuk lingkungan pendidikan, akan ada penganugerahan Adiwiyata untuk kategori prestasi sekolah berbasis lingkungan.

Keinginan kuat keluarga besar SMAN 5 Payakumbuh memoles lingkungan sekolah dengan membangun TRH, jelas saja untuk mengukir prestasi di bidang lingkungan. Karena itu, segera direalisasikan dalam bentuk penghijauan dan budidaya tanaman dengan memulai aktifitas penanaman Stroberi Unggulan.

Dipilihnya stroberi sebagai tanaman yang dibudidayakan, menimbang tanaman ini, selain memiliki daun hijau yang indah juga menghasilkan buah yang harum dan manis. Selain menyejukkan mata, juga menggugah selera dan bervitamin.

Belasan bibit Stroberi unggul ini, didatangkan dari kota Padang Panjang dari Taman Stroberi Bastra Sinaro, salah seorang pimpinan BARKA Training & Consulting. “Adapun penyerahan bibit tersebut dilakukan Maisar Setiawan Munaf selaku Direktur BARKA Training, yang menyempatkan berdiskusi dengan guru dan murid asrama tentang tata cara perawatannya, “ujar Efda Sofliardi.

Salah seorang siswa asrama putri Jihan mengatakan, dia bersama kawan-kawannya sepakat menghijaukan pekaranagan sekolah dengan tanaman yang sudah ditentukan. Semoga dengan budidaya tanaman ini, kami dapat belajar memahami alam dan merasakan manfaatnya. 

“Kami senang dengan kegiatan ekstra yang diberikan disini, sekolah yang berlokasi diperbatasan kota ini, diyakini akan sejuk dan nyaman. Sehingga dengan adanya RTH, jelas saja wajah SMAN 5 Payakumbuh akan lebih indah dan menawan, “sebut Jihan. (ada)

google+

linkedin