TABLOIDBIJAK.COM(Kota Pariaman)---Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar serahkan bantuan Paket Tanaman Pekarangan Alokasi Dana Desa (ADD)  kepada masyarakat Desa Palak Aneh, Kecamatan Pariaman Selatan Kamis (3/8/2017).

Genius Umar menuturkan, kegiatan ini dilakukan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) membagikan bibit tanaman Manggis, Mangga, Klengkeng. Ini salah satu program yang sangat tepat dengan tujuan dana desa untuk menggali potensi masing-masing desa.

“Jika Desa Palak Anek itu kawasan pertanian maka di programkanlah menanam bibit tanaman tersebut ditanam di pekarangan. Setelah 2 tahun kedepan maka desa ini menjadi sentra Manggis, 
Mangga dan Klengkeng," ucap Genius.

Diharapkan, setiap desa-desa lain di Kota Pariaman mencontoh apa yang telah dilakukan oleh Desa Palak Aneh. Sehingga halaman pekarangan bisa ditanami dan bermanfaat meningkatkan produktifita masyarakat. Pasalnya, tentu memberikan hasil ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kemudian, pada masyarakat yang menerima bantuan bibit agar bertanggung jawab. Maksunya, berinisiatif merawat tanaman dengan baik, sehingga tanaman tersebut pada 2 tahun kedepan akan berbuah.

Wawako tersebut juga menambahkan, Desa Wisata adalah membuat desa tersebut ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Contohnya sepeerti desa yang banyak menanam buah, sehingga para wisatawan ramai mengunjungi untuk berbelanja biah-buahan tersebut.

Konsepnya, jika dua tahun kedepan tanaman ini berbuah, maka secara tidak langsung orang atau widatawan. Namun, pemerintah tidak hanya diam saja. Melainkan juga membantu melalui program.
Kepala Desa Palak Aneh Azir mengatakan, ada sebanyak 400 yang terdiri dari manggis, lengkeng, mangga berserta pot dan pupuk yang diserahkan pada 2 bibit /rumah disebarkan pada 200 KK Desa Palak Aneh. 

Program ini dimulai pada tahun 2017 ini. Sebelumnya kami menfokuskan dalam pembangunan seperti drainase, setelah itu bari program ini juga dilaksanakan. 

Anggaran yang digunakan dalam program tersebut adalah sebesar Rp 60 juta. Semuanya termasuk bibit tanaman, pot dan tranportasi," ujarnya.[rel/amir]