BIJAK ONLINE (Solok)-Kawasan Agrowisata Strawberry Bukit Jirak di Jorong Data Nagari Aia Dingin Kabupaten Solok memiliki potensi untuk menunjang kepariwisataan didaerah penghasil markisah ini. Tapi sayangnya akses jalan menuju rumah pohon itu masih berupa tanah berkerikil. 

Hal itu dikatakan Supriardi, S. Kom, Kasi Pemerintahan Nagari Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti,  Kabupaten Solok. "Potensi Agrowisata Bukit Jirak ini sangat besar, ada rumah pohon dan kebun strawberry yang buahnya dapat dipetik sendiri oleh pengunjung, sayang akses jalan belum memadai", ujarnya. 

Ardi menyebutkan, kebun strawberry yang berada dikawasan itu adalah milik Elvy Syam, Lc, MA yang merupakan Penasehat MUI Propinsi Sumatera Barat. 

Rasmanikar (29), pengelola Agrowisata Bukit Jirak berharap Pemkab Solok dapat membangun jalan kerumah pohon yang mampu membuat pengunjung serasa diatas awan itu. "Harapan saya semoga Pemkab Solok dapat memperbaiki akses jalan ke kawasan ini, kalaupun tidak  diaspal tidak apa-apa, minimal pengunjung mudah menjangkaunya", kata dia. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Solok, Yandra mengatakan pihaknya akan meninjau lokasi Bukit Jirak lalu mengupayakan agar jalan dapat diperbaiki. "Kita survey kelapangan dulu dan nanti kita usahakan tindak lanjutnya", tutur Yandra. 

Sementara itu, Bupati Gusmal menjelaskan saat ini Pemkab Solok sedang fokus mengembangkan 3 kawasan pariwisata  yakni kawasan Danau Singkarak, Taman Hutan Kota Arosuka dan Kawasan Danau Kembar. 
Dirinya berharap agar Pemerintah Nagari Aia Dingin dapat mengurus Agrowisata Bukit Jirak. "Kita selesaikan 3 kawasan itu dulu, sementara yang lain biarlah nagari yang mengurusnya", pungkas Gusmal. 

Meskipun demikian, Gusmal menyarankan agar perbaikan jalan ke Bukit Jirak dimasukan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nagari Aia Dingin tahun 2018 dan masyarakat dapat mengawasinya. "Setelah masuk usulannya ke Musrenbang maka saya harap usulan itu di awasi keKecamatan hingga Kabupaten ", tutur Gusmal. 

Untuk sekedar diketahui, kawasan Agrowisata Bukit Jirak yang berada di selatan Kab. Solok ini  memiliki Rumah Pohon, kebun strawberry, kebun markisah, dan terung serta aneka sayuran lainnya. Selain itu saat ini juga sudah memiliki WC dan Masjid serta sudah memiliki listrik ditambahlagi nantinya juga akan ada penginapan. "Untuk penginapan sedang kita bangun", ujar Rasmanikar, pengelola Agrowisata Bukit Jirak, 15 September 2017. * Risko Mardianto

google+

linkedin