BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Bencana alam angin puting beliung, kembali terjadi di Kabupaten Lima Puluh Kota. Kali ini, terjadi di  Jorong Madang Kodok Nagari Sungai Kamuyang Kecamatan Luhak, Sabtu (9/9) sekitar pukul 14.10 WIB, menghantam 1 unit rumah warga.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lima Puluh Kota Hendri Yoni didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik (KL) Rahmadinol, membenarkan adanya bencana alam angin putting beliung di Nagari Sungai Kamuyang.

Kerugian 1 unit rumah rusak berat atas nama Ismaniar (59). Kronologis kejadian, saat itu hujan turun di iringi dengan pusaran angin warna hitam. Angin tersebut mengangkat atap rumah korban, hingga copot dari konsen dan kayu serta paku dan brantakan.

Yang jelas bencana alam angin putting beliuang ini, sudah kita sikapi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) tanggap darurat. Terhadap hunian sementara, Dana Tidak Tetap (DTT) tersedia di DPKAD.

“Proses selanjutnya, secara tehnis kita menunggu laporan tertulis dari Wali Nagari setempat dikethaui Camat. Surat Keputusan (SK) benacana alam ini disampaikan ke BPBD secepatnya oleh Wali Nagari, “ujar Hendri Yoni.

Sementara itu, Camat Luhak Mufthil Wahyudi, SSTP. MSi menambahkan, bencana alam angin putting beliung di nagari Sungai Kamuyang ini, tidak saja menerbangkan atap rumah milik Ismainar, namun satu warung kopi, milik Refnita (67) atapnya juga ikut diterbangkan angin beliung. Kerugian diderita kedua korban itu belum bisa ditaksir, karena masih dalam proses penghitungan kerugian, ujarnya. 

Dilokasi bencana alam angin putting beliuang terlihat, selain Plt Kalak BPBD Hendri Yoni, Kabid KL Rahmadinol, juga dihadiri anggota DPRD Dapil setempat Yakubis, tokoh masyarakat setempat, dan sejumlah warga. (ada)

google+

linkedin