BIJAK ONLINE (Pasaman)-Sebanyak 25 Penjabat (Pj) Walinagari persiapan di Kabupaten Pasaman resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Pasaman,  Yusuf Lubis. Pelantikan bertempat di Gedung Olahraga Rakyat (GOR) Tuanku Rao, Lubuksikaping, Senin (11/9) siang.
Dalam acara ini  dihadiri istri dan suami masing-masing Pj walinagari terkait, ratusan warga dan para ninik mamak dari 25 nagari persiapan itu terlihat. Dikemas sederhana,  acara pelantikan berlangsung sukses dan khidmat.

Usai dilantik dan diambil sumpahnya, seluruh Penjabat Walinagari membacakan 10 point fakta integritas. Diantara isinya,  berbunyi siap melakukan pelayanan kepada masyarakat tanpa diskriminasi, mementingkan kepentingan umum, tidak korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), transparan, jujur dan akuntabel, berintegritas serta menghindari konflik of interest.

Yusuf Lubis dalam arahannya mengatakan,"Pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintahan nagari persiapan ini akan terus ditingkatkan. Ini baru awal dari proses sampai, nanti disahkan menjadi nagari defenitif," Tujuan pemekaran pemerintahan nagari untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Akan memberikan kemudahan pelayanan kapada masyarakat Akses pelayanan semakin baik,  bukan sebaliknya.

Pengambilan sumpah dan pelantikan bentun kepercayaan dan amanah dari pemerintah kabupaten. Inibhendaknya dijadikan momentum dan dimaknai sebagai titik awal membangun nagari, memberdayakan masyarakat nagari.  

"Walinagari harus adil,  kreatif,  dinamis dan jadi suri tauladan bagi masyarakat. Pj walinagari harus mulai memahami tufoksi seorang walinagari.(Fauzan)

google+

linkedin