BIJAK ONLINE PAYAKUMBUH)---Dalam waktu dekat, kekosongan jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setingkat eselon II yang kosong sejak Juni 2017 lalu akan segera diisi.

Hal tersebut disampaikan Walikota Payakumbuh, Riza Falepi didampingi Plt. Kepala BKPSDM, Dafrul Pasi, di ruang kerjanya, Senin (13/9), untuk mengisi kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) akan dilakukan seleksi terbuka kembali pada akhir tahun 2017 ini.

Dijelaskan Riza Falepi, proses pemilihan JPT Pratama ini sudah final merupakan hasil dari seleksi terbuka, transparant dan kompetitif sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. 

Peraturan yang diundangkan tanggal 7 April 2017 ini memuat poin penting terkait penyusunan dan penetapan kebutuhan PNS, pengadaan PNS, pangkat, jabatan, pola, karir, promosi dan mutasi, penilaian kinerja, penggajian serta tunjangan, sampai kepada pemberhentian PNS.

Saya sangat mengapresiasi dan merespons positif pelaksanaan PP Nomor 11 tahun 2017 ini, dengan demikian setiap PNS yang memenuhi persyaratan mempunyai kesempatan yang sama untuk ikut berkompetisi dalam proses seleksi nantinya.

Proses akan dilakukan secara objektif, kompetitif, terbuka dan transparan. Tinggal penilaian akhir dimata kami adalah loyalitas dan track record selama ini.

Terhadap jabatan Eselon III dan IV, Riza juga menjelaskan bahwa akan dilakukan seleksi melalui assessment pada tahun 2018, dimana setiap PNS memiliki kesempatan sama untuk menduduki jabatan sesuai dengan kapabilitas dan kompetensi yang dimilikinya. 

Pada proses assessment ini, setiap PNS diperbolehkan menuliskan jabatan apa yang diinginkan (open bidding), ini sangat menguntungkan bagi Pejabat Eselon IV terhadap karirnya nanti.

“Tidak ada lagi PNS menuntut dan meminta-minta jabatan, kami tidak akan layani permintaan tersebut karena penilaian akan dilakukan secara objektif sesuai dengan hasil assessment, “pungkas Riza Falepi.

Sementara itu, Plt Kepala BKPSDM Dafrul Pasi, mengungkapkan, kalau seleksi terhadap 2 JPT ini akan dilaksanakan secepatnya pada akhir tahun ini. Segera setelah disahkannya APBD Perubahan TA 2017 kita akan lakukan seleksi ini.

“Sementara untuk assessment bagi eselon 3 dan 4, akan digelar pada awal tahun 2018. Partisipasi aktif dari PNS di Payakumbuh dalam kegiatan ini sangat diharapkan, “jelas Dafrul Pasi. (ada)

google+

linkedin