BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bekerja sama dengan Pengadilan Agama (PA) kota Payakumbuh, adakan kegiatan berupa verifikasi data permohonan Isbat Nikah bagi Pasangan Nikah Siri di Payakumbuh, selama 3 hari berturut, bertempat di aula kantor Camat masing-masing, dimulai Senin (11/9). 

Kadisduk Capil Kota Payakumbuh Yunida Fatwa, menerangkan, kegiatan verifikasi data permohonan Isbat Nikah ini dilakukan oleh Tim dari Pengadilan Agama Payakumbuh secara maraton selama 3 hari, mulai dari kecamatan Payakumbuh Timur pada Senin (11/9) lalu besoknya di kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (12/9) dan terakhir di wilayah Payakumbuh Barat, Rabu (13/9).

”Dengan mengadakan Isbat Nikah ini pernikahan yang selama ini tidak tercatat oleh negara maka sekarang sudah dapat tercatat dan diakui negara,”ujar Yunida Fatwa kepada tabloidbijak.com diruang kerjanya, Rabu (14/9). 

Dijelaskan Yunida Fatwa, setelah isbat nikah maka otomatis Akte Kelahiran Anak yang selama ini benama anak seorang ibu, dimana yang ditulis hanya nama ibu bisa diganti dengan Akte Kelahiran yang nama Ibunya dan Bapaknya tercantum.

Untuk data sementara calon peserta Istbad se kota Payakumbuh terkumpul sebanyak 179 pasang dan masih terbuka peluang bagi yang mendaftar selama proses berjalan. Selanjutnya hasilnya menunggu putusan dari pihak pengadilan agama, berapa pasang yang akan mendapatkan persetujuan untuk disidangkan. 

”Kegiatan ini terlaksana juga atas fasilitasi dari kecamatan dan terkait jadwal persidangan, diserahkan sepenuhnya kepada pengadilan agama Payakumbuh,”ulas Yunida Fatwa. (ada)

google+

linkedin