BIJAK ONLINE (Solok)-Mantan Wakil Bupati Solok 2 periode, Drs. Desra Ediwan, AT, MM angkat bicara ihwal kondisi terkini terkait Nagari Garabak Data Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten  Solok. Sekretaris DPW Partai Golkar Provinsi Sumatera Barat itu mengatakan sudah banyak berbuat untuk nagari yang berada ditengah hutan tersebut. Sejak meninggalkan Pemerintahan 2 tahun lalu, dirinya mengaku sudah buta akan informasi Garabak Data. 

"Saya sudah dua tahun tidak di Pemerintahan, jadi buta informasi tentang Garabak Data. Namun, saya rasa saya sudah banyak berbuat untuk nagari garabak data itu", kata Desra Ediwan yang juga mantan Wakil Bupati Gusmal Periode pertama, 2005-2010 lalu, 11 September 2017 via Selullar.

Selain itu, dirinya mengatakan Garabak Data memerlukan akses jalan penghubung. "Saya rasa yang diperlukan adalah jalan penghubung baik dari Batu Bajanjang maupun dari arah Talan Babungo, dan ini harus ditindak lanjuti oleh Bupati Gusmal", jelasnya. 

Kepada Tabloid Bijak, mantan Wabup Solok era Syamsu Rahim itu menjelaskan dirinya telah pernah ke Garabak Data bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, bahkan Gubernur menginginkan percepatan pembangunan nagari tersebut. "Saat saya ke Garabak Data bersama Gubernur Irwan Prayitno dulu, gubernur waktu itu ingin percepatan pembangunan infrastruktur jalan menuju nagari itu dan sudah dibentuk team di Provinsi dan Kabupaten tapi sampai sekarang saya tidak tau bagaimana perkembangannya", jelas Desra. 


Selain telah membuka jalan dari Batu Bajanjang ke Garabak Data, dirinya mengaku bahwa Garabak Data sudah dialiri listrik, sudah punya sekolah dan tenaga medis. "Sudah banyak yang saya lakukan untuk Garabak Data selain membuka jalan dari Batu Bajanjang ke Garabak Data diantaranya listrik masuk desa, SMP Satu Atap, Bidan Desa, termasuk membawa Metro TV ke Garabak Data dan ditayangkan secara nasional", pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Gusmal beberapa waktu lalu mengungkapkan sejak dulu pembangunan jalan ke Garabak Data terkendala izin Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang tidak pernah diurus Pemerintahan sebelumnya namun saat ini sudah dikantongi. Dirinya menjelaskan tidak berani melakukan pembangunan tanpa ijin. 

"Akses jalan ke Garabak Data memang sangat parah, saya tahu kondisinya namun karna itu kawasan hutan lindung pembangunan terkendala ijin Kementrian LHK yang tidak pernah diurus sejak dulu, sekarang ijin itu sudah kita kantongi dan akan segera kita eksekusi, kita tidak berani juga membangun tanpa ijin", kata Bupati Solok, Gusmal beberapa waktu lalu* Risko Mardianto

google+

linkedin