BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Keberadaan pasar kota Payakumbuh, dari tahun ke tahun terlihat indah, megah dan bersih, bahkan semakin tacelak. Jika perantau pulang kampung, wajar mereka terkejut, melihat perubahan pasar kota Payakumbuh.

Ketika hal tersebut dikonfirmasikan kepada Kadis Koperasi dan UKM kota Payakumbuh Dahler, diruang kerjanya, Jum’at (8/9), membenarkan keberadaan pasar Payakumbuh dilihat secara kasat mata, memang sudah menampakan suatu keindahan, apalagi di malam hari ini.

Saat ini, pihak dinas Koperasi dan UKM sedang membenahi fasilitas umum seperti saluran air PDAM, menyambungkan aliran listrik dari PLN, penimbunan lapangan parkir dan lapangan terbuka tempat berjualan lainnya, demi kenyamanan produsen dan komsumen. 

Untuk itu, pihak dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh, fokus untuk mengerjakannya. Kami berharap selambatnya akhir tahun 2017 pekerjaan bisa tuntas sekaligus bersamaan dengan HUT Kota Payakumbuh 17 Desember mendatang.

Untuk calon pedagang di pasar Payakumbuh II, biaya pemasangan listrik PLN dan penyambungan air PDAM hanya dikenakan biaya rekening listrik dan air saja. Dan untuk pemasangan ditanggung Pemko Payakumbuh.

Pembangunan pasar rakyat II ini merupakan langkah mengatasi kepadatan pasar tradisional Ibuah kota Payakumbuh dan mengingat semakin bertambahnya kebutuhan masyarakat dari waktu ke waktu. Selain itu, pembangunan Pasar ini merupakan salah satu cara mewujudkan kesejahteraan.

“Yang jelas bagaimana pasar kota Payakumbuh ini kedepannya, kian tacelak dan indah serta nyaman. Dengan melihat suatu keindahan dan kebersihan, tentunya minat produsen dan konsumen semakin tinggi, “sebut Dahler.

Ditambahkan, Kabid Pasar Agus Rubiono, seluas 4,3 hektare pasar Padang Kaduduak II Payakumbuh, nantinya akan dibarengi dengan pembangunan Mesjid Raya dan sentral pemasaran produksi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan diharapkan pasar ini dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Untuk kita ketahui bersama, pasar ini diberikan secara gratis. Tidak ada jual beli los dan kios. Cuma, yang dibayar rekening listrik dan air PDAM serta uang kebersihan. “Produk UMKM dan pengemasan juga akan dibangun di pasar Padang Kaduduak dan turut makanan spesifik Payakumbuh seperti Rendang, “jelas Agus Rubiono. (ada)

google+

linkedin