BIJAKONLINE.COM. (Pasaman Barat) Menciptakan data yang akurat demi kemajuan nagari. Pemerintah Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat gelar pelatihan petugas entry data dan profil nagari. Acara berlangsung di kantor walinagari setempat, Sabtu (9/9/2017).

Walinagari Talu, Anuzul di dampingi Sekretarisnya, Nurli Efendi, pada media Bijakonlen.com, menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan guna untuk memberikan pelatihan terkait tentang pengentriandata profil nagari sehingga memberikan informasi data yang akurat, demi kemajuan Nagari, Kecamatan  dan Kabupaten Pasaman Barat Kedepan.

Dikatakan, keseriusan pemerintah Nagari Talu dalam menghadirkan berbagai narasumber, baik dari Kabupaten, Provinsi maupun pusat dengan harapan nagari yang pimpinnya memahami  akan pentingnya data yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan dan bagaimana mengolah data yang dientri tersebut guna  untuk kepentingan pembuatan kebijakan nagari.

Selain itu, pihak nagari lebih efisien,  mereka dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual dan data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.

Pihak nagari dapat menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor walinagari dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran, di mana selama ini sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data akurat.

Apalagi Pemerintah Nagari dapat mengelola informasi kegiatan nagari dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. Misalnnya  mengelola informasi perencanaan pengembangan nagari dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web nagari  papan pengumuman dan lainnya.

Selain itu lanjutnya,  adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana nagari  yang mudah diak

Selain itu lanjutnya,  adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana nagari  yang mudah diakses warga, pemerintah nagari akan dituntut untuk lebih akuntabel. Nagari  akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana nagari.

"Kitanberharap ini menjadi impian masyarakat kita kedepan, akan tetapi kita berharap adanya dukungan dari semua pihak, sehingga apa yang kita harapkan dapat tercapai," katanya. (Arafat)

google+

linkedin