BIJAK ONLINE (PADANG) – Sebagai kegiatan 5 tahunan yang dilakukan dalam satu periode kepengurusan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang kali ini kembali menggelar Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) disertai Temu Karya Sukarelawan PMI Kota Padang.

Kegiatan yang dilangsungkan selama Rabu-Minggu (13-17/9) ini, diikuti hampir seribu peserta terdiri dari PMR Mula yakni tingkat SD/MI, PMR Madya tingkat SMP/MTs, PMR Wira tingkat SMA/SMK/MA, Korps Sukarela (KSR)/Tenaga Sukarela (TSR), Pembina Pendamping dan Peninjau.
Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah yang juga Ketua PMI Cabang Kota Padang itu, membuka secara resmi kegiatan yang dipusatkan di kawasan Bumi Perkemahan Pramuka Lemdadika Padang Besi tersebut, Rabu (13/9).

Mahyeldi mengatakan bagi pelajar atau murid tingkat SD/SMP dan SMA sederajat yang telah menjatuhkan pilihan menjadi sukarelawan untuk PMI, berarti telah menjadikan diri sebagai insan yang memiliki jiwa tolong menolong dan peduli dalam sisi kemanusiaan.

“Sikap perilaku yang seperti inilah yang harus dimiliki setiap kita terutama anak bangsa di negara ini,” pujinya kepada seluruh peserta Jumtek PMR dan Sukarelawan tersebut.

Mahyeldi juga menyampaikan, melalui Jumtek tersebut diharapkan bisa memberikan hal-hal baru dalam pengabdian PMI Kota Padang bagi masyarakat. Sebagaimana dapat mengembangkan karakter yang harus dimiliki setiap pribadi sukarelawan.

“Semoga melalui Jumtek yang melakukan berbagai kegiatan pembinaan dan evaluasi ini, akan menghadirkan karya-karya baru bagi para Sukarelawan PMI di semua tingkatan. Sehingga akan memberikan kebaikan-kebaikan untuk lebih berperan lagi dalam urusan kepalangmerahan.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Jumtek PMR dan Sukarelawan PMI Kota Padang, Zulhardi Z.Latif menyebutkan Jumtek kali ini dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan yang lebih menekankan pada evaluasi bersama dikaitkan dengan proses pembinaan PMR dan Sukarelawan sesuai tugas peran dan fungsi masing-masing komponen. Diantaranya Pengurus, Staf, Pembina PMR, Fasilitator PMR, Pelatih Bidang dan Anggota PMR serta Sukarelawan KSR/TSR.

“Alhamdulillah, semuanya terlihat cukup antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Kita berharap agar bisa berjalan dengan baik dan lancar dari awal hingga selesai kegiatan,” imbuh Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Padang itu.

Ia melanjutkan, adapun maksud kegiatan ini yaitu sebagai wadah evaluasi komprehensif terhadap pembinaan dan pendidikan keterampilan serta pengetahuan yang telah dituangkan dalam kurikulum PMR dan Sukarelawan. 

“Semuanya mengacu kepada capaian pembentukan sikap, pengetahuan dna keterampilan dalam melahirkan relawan yang berkarakter,” tuturnya.

Kemudian terkait tujuannya antara lain, sebagai wadah pengembangan dan implementasi pengetahuan serta keterampilan kepalangmerahan yang telah dilaksanakan di masing-masing kelompok PMR dan Unit KSR/TSR di Kota Padang. Selain itu juga sebagai ajang memperluas dan mempererat tali persaudaraan sesama insan Palang Merah.

Adapun dalam Jumtek PMR dan Sukarelawan PMI Kota Padang kali ini mengangkat tema "Lahirkan inovasi dan kreasi yang berkarakter guna mewujudkan remaja dan relawan PMI yang peduli". Di Bumi Perkemahan Pramuka Lemdadika Padang Besi itu terlihat masing-masing peserta mendirikan kemah dimana para peserta akan mengikuti serangkaian pelatihan, pembinaan dan berbagai kegiatan selama beberapa hari yang ditutup Minggu (17/9). (David / Nanda / Faisal)

google+

linkedin