TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Wali Kota Pariaman, Drs.H. Mukhlis Rahman, MM   membuka pelaksanaan acara lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang, Aman (B2SA) tahun 2017 yang dilaksanakan di Rumah Tabuik samping Balai Kota Pariaman, Senin (11/9/2017). 

Lomba ini digagas Kepala  Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pariaman Agusriatman dengan menghadirkan Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Buskar Zulmahdi, dan disaksikan Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis, Ketua GOW Ny. Lucyanel Arlym, Ketua Dharmawanita Ny. Kartini Indra, Pimpinan BUMN, Kepala OPD dan camat se-Kota Pariaman dengan peserta yang merupakan pemenang lomba B2SA dari tingkat kecamatan.
Wako sampaikan lomba ini sebagai langkah perbaikan kounsumsi pangan masyarakat dengan gizi lengkap dan berimbang sebagai implementasi lanjutannya. 

“Pengetahuan akan pentingnya konsumsi pangan perlu disampaikan pada tingkat terkecil dalam sekelompok masyarakat yaitu keluarga dimana dalam hai ini ibu berperan sebagai penentu dan penyedia menu keluarga,” tambah Mukhlis.

Untuk itu, Mukhlis Rahman harapkan dalam wujud ketahanan, kemandirian dan kedaulatan pangan diperlukan sekali pengoptimalan pemanfaatan lahan pekarangan melalui kelompok wanita tani, peningkatan produksi dan penguatan lembaga tani dan peningkatan SDM petani dan penyuluh dalam menjaga kualitas konsumsi pangan keluarga.

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Provinsi Sumbar Buskar Zulmahdi menjelaskan dengan lomba cipta menu ini, akan mengembangkan inovasi ibu-ibu  untuk membuat bahan makanan yang asalnya bukan hanya dari beras, melainkan dari ubi-ubian, jagung dan sebagainya. 

Melalui lomba ini juga bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), mendorong dan meningkatkan kreasitivitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal dan membantu kaum ibu dalam meningkatkan daya kretivitas, membuat ragam menu bergizi dan seimbang untuk disajikan pada hidangan keluarga sehari-hari.

Usai penilaian oleh tim juri, panitia mengumumkan pemenang lomba B2SA 2017 ini dimana juara I diraih oleh Kelurahan Taratak, Juara II Desa Sikapak Barat, Juara III Desa Padang Cakur, Harapan I Desa Pauh Kuraitaji dan Harapan II Desa Batang Kabung.[phaik/amir]

google+

linkedin