BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)----Bupati Lima Puluh Kota,  H. Irfendi Arbi melakukan kunjungan ke Nagari Sialang,  Kecamatan Kapur IX. Kunjungan ini dalam rangka mencanangkan Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat ke XIV tingkat Kabupaten di Lapangan Sepak Bola Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Selasa (17/9).

Dipilihnya Nagari Sialang sebagai daerah pencanangan bulan bakti,  karena berhasil menjadi juara dalam perlombaan nagari tingkat kabupaten Limapuluh Kota tahun 2017.

Dalam sambutannya, Irfendi Arbi mengatakan gotong royong merupakan intisari dari pancasila.Karena untuk membangun bangsa kedepan harus dilakukan dengan cara musyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam bekerja. Karena itu, kekuatan rakyat indonesia adalah gotong royong,  karena gotong royong bukan hanya jiwa bangsa namun juga modal sosial dalam mengahadapi masa depan.

Menurutnya, gotong royong bukan hanya sebagai slogan, oleh karena itu gotong royong harus diaktualisasikan dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Memang tidak mudah menjalankan semangat gotong royong ditengah-tengah kecendrungan sekarang. Ego daerah,  ego sektoral lebih menonjol dibandingkan sinergi dan kerjasama. Inilah yang perlu saya ingatkan hari ini, karena bulan bakti merupakan mementum untuk mengingatkan semua akan pentingnya gotong royong terutama bagi generasi muda, "tambahnya.

Semangat gotong royong memang harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak.  "Generasi muda senantiasa bermusyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam bekerja. Oleh karena itu pemerintah daerah harus memiliki komitmen lebih dalam menggerakkan gotong royong dan partispasi masyarakat dalam pembangunan, "sebutnya.

Dikatakannya,  berkembangnya partispasi dan kegotong royongan dalam pembangunan ditentukan fungsi dan peran kemitraan lembaga kemasyarakatan nagari. "Semoga dengan pencanangan bulan bhakti gotong royong masyarakat ini, semakin menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan dalam merenda hari esok. Sekaligus mengungah kembali kesadaran akan pentingnya kegotong royongan, "terangnya.

Senada juga diungkapkan panitia penyelenggara,  Usman dalam sambutannya, Gotong Royong Masyarakat telah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan di tingkat nagari.

"Pengintegrasian kegiatan bulan bakti ini diharapkan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat dan senantiasa melestarikan dan mengembangkan semangat kegotongroyongan. Serta keswadayaan yang berbasis pada nilai-nilai budaya masyarakat,"ujarnya.

Usai menggelar pencanangan bulan bakti,  Irfendi Arbi juga melakukan berbagai rangkain kegiatan diantaranya peresmian dan penanaman pohon di halaman sekolah SMA Negeri 2 Kecamatan Kapur IX. (ada)

google+

linkedin