BIJAKONLINE.COM (Pasaman Barat)-Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat  diyakini akan jadi sentra penghasil gabah terbesar di Pasaman Barat setelah  lahan perwahan seluas 300 hektare rampung di cetak menjadi persawahan masyarakat.

"Betul lahan seluas 300 hektar yang terletak di Jalan lintas Nagari Talu menuju Kabupaten Pasaman, tepatnya di Tonang, akan melakukan cetak sawah baru. Apalagi setelah di lakukan pengkajian yang matang lahan tersebu mempunyai aliran sungai yang cukup untuk mengairi sawah ini nantinya," kata Walinagari Talu Anuzul MR, pada media Bijakonline.com, Rabu (19/10/2017).

Dikatakan, lahan seluas 300 hektar tersebut akan di garap pada bulan Januari me datang, namun pihaknya dudah mulai melakukan pengukuran dan prngkajian yang matang agar dalam prlaksanaannya tidak ada kendala.

"Ini jelas akan mengangkat perekonomian masyarakat kita, apalagi perekonomian masyarakat kita sekarang ini morat marid, sehingga banyak masyarakatbkita yang mengadukan nasib di luar kecamatan Talamau, akan tetapi dengan adanya cetak dawah baru ini akan mensejahterskan masyarakat kita," kata Anuzul.

Bukan saja untuk kenagarian Talu ataupun Sinuruik, akan tetapi nantinya akan dapat mrncukupi krbutuhan pangan untuk Pasbar, bahkan duyakini Nagari Talu akan menjadi penghasil gabah terbanyak untuk Pasbar.

Untuk kesuksesan pembukaan lahan tersebut masyarakat juga membuat krlompok tani yang di berinama Keltan Famili Karya, sehingga masyarakat bekerja secara berkelompok, agar harapan dalam mrnsejahterakan masyarajat di kenagarian Talu dapat terlaksana.

"Untuk kesejahteraan masyarakat kita akan lakukan apa yang terbaik sehingga masyarakat kita akan sejahtera nantinya," ulasnya. (Arafat)

google+

linkedin