TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Pemko Pariaman, bakal gelar acara Batagak Gala II yang akan dilaksanakan 25 Desember 2017 mendatang. Untuk suksesnya acara tersebut, Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman, gelar Rapat persiapan, Rabu (18/10/2017) di Balai Kota Pariaman.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM)  Kota Pariaman Mukhlis Rahman, pimpin rapat didampingi Sekretaris LKAAM Priyaldi, Assisten III Lanefi, peserta rapat dari Jajaran LKAAM Kota Pariaman, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Bundo Kanduang se Kota Pariaman.

Dalam kesempatan ini dibahas tentang evaluasi Pariaman Batagak Gala tahun 2016 yang tergolong sukses, dan sebagai Pioner, mambangkik batang tarandam atas pengangkatan Datuak yang ada di Kota Pariaman khususnya dan Sumatera Barat umumnya.

Rapat ini juga menyepakati dalam acara Pariaman Batagak Gala II tahun 2017 mendatang, Datuak yang akan dilewakan, adalah orang yang telah diangkat oleh kaum atau sukunya, dengan telah melakukan rangkaian acara adat, salah satu yang terpenting adalah sudah melaksanakan Mangghatok Pinang oleh kaumnya dan disepakati oleh KAN setempat.

"Kedepan, kita ingin event Pariaman Batagak Gala II ini, orang yang akan dilewakan menjadi Datuak, betul-betul sesuai dengan ketentuan adat dan kesepakatan kaum dan disetujui oleh KAN," tukas Mukhlis.

Pariaman Batagak Gala merupakan event yang digagas oleh Pemerintah Kota Pariaman dalam rangka melestarikan adat dan budaya minangkabau, dalam hal pengangkatan Datuak, yang selama ini, karena tingginya biaya untuk melewakan gelar Datuak bagi seseorang, sehingga Datuak semakin berkurang

"Dengan adanya Pariaman Batagak Gala ini, akan menghidupkan kembali peran Datuak yang ada di masyarakat minangkabau, khususnya di Kota Pariaman, yang merupakan tampek batanyo bagi anak dan kamanakan kaumnya, dan orang yang dituakan untuk mewakili dan memimpin kaum/sukunya," ungkap nya.

Dalam kesempatan ini juga dibahas tentang penganugerahana gelar sangsako bagi Pimpinan Forkopimda yang ada di Kota Pariaman, sehingga nantinya ikatan bathin antara pimpinan forkopimda dengan masyarkat Kota Pariaman, lebih terjalin dengan erat.

Rapat ini juga sekaligus penguatan internal LKAAM Kota Pariaman, KAN dan Bundo Kanduang se Kota Pariaman, dimana KAN yang masih belum mempunyai kantor, akan dapat mencarikan tanah agar pemerintah Kota Pariaman dapat membangunnya, sedangkan untuk Kantor LKAAM Kota Pariaman bersamaan dengan kantor Bundo Kanduang kota Pariaman, akan dibangun di tahun 2018 mendatang. (J/amir)

google+

linkedin