BIJAKONLINE.COM (Pasaman Barat)-Tim Panitia Seleksi Perangkat Nagari Persiapan Tinggam Harapan, Kecamatan Talamau, Kebupaten Pasaman Barat (Pasbar) di duga main curang. Pasalnya, nilai peserta  hasil seleksi perangkat nagari persiapan itu ada indikasi penukaran posisi peserta.

"Dari awal saja sudah terjadi indikasi kecurangan bagaimana nanti akhirnya nagari ini, apakah harus mengkemukakan hasil kecurangan," kata tokoh masyarakat Tinggam, Syamsul Babri bersama para ninik mamak dan tokoh masyarakat lainnya, saat bincang-bincang bersama media Bijakonline, Rabu 18/10/2017 di Talu.

Dikatakan, adanya indikasi kecurangan dengan mengutamakan sistem kekeluargaan, hingga terindikasi adanya  penukaran nilai para peserta tes, apalagi hasil murni saat itu langsung dapat di lihat, akan tetapi beberapa hari kemudian terjadi perobahan, hasil seleksi nomor 1 digeser menjadi nomor 4, hasil srleksi nomor 5 di tukar menjadi nomor 2 dan nomor 2 dijadikan nimor 1.

"Menurut penilaian  kami dari tokoh-tokoh masarakat Tinggam setelah selesai tes, pihak  panitia  dan di kuti camat serta Pj, Wlinagari persiapan, bersama  rekan-rekan lainnya. Hasil tes pesera saat itu sudah jelas, mulai dari nomor satu  sampai nomor 17  dan sudah di sah kan oleh  tim Pansel serta camat, Pj Walinagari dan sudah di tanda tangani oleh panitia  atau tim pansel," katanya.

Berkas hasil seleksi yang telah di tandatangani tersrbut skan di ajukan  ke pihak  Kecamatan,  tentu yang akan di ambil dari yang 17 tersebut lima orang  sesusi dengan hasil perolehan nilai, untuk mengsi kedudukan kaur di kantor walinagari persuapan, mulai dari Sekretaris nagari  sampai  kaur nagari, nsmun disayangkan nagari permulaan itu sudah mulai di kotori dengan kecurangan.

Sementara itu Kepala Bagian Pemerintahan Nagari (Pemnag) Yonnisal, daat di konformasi mengatakan, kalau itu sudah sesuai prosedur dan itu wewenang camat untuk memilih yang terbaik. (Arafat)

google+

linkedin