BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Penilaian lomba Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresur tingkat nasional di kelurahan Padang Datar kecamatan Payakumbuh Barat, kota Payakumbuh kembali di nilai Tim Penilai Tingkat Nasional, Jumat (13/10).

Sekdako Payakumbuh dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Tingkat Nasional, semoga tim penilai merasa betah dan nyaman selama berada di kota Payakumbuh. Toga Asman Rosela Kelurahan Padang Datar ini, merupakan penetapan dari hasil penilaian Provinsi Sumatera Barat yang meraih juara 1 Tingkat Sumareta Barat. 

Dengan berusaha semaksimal mungkin dan kerjasama yang baik antara masyarakat dengan semua lini, kita berharap nantinya Toga Asman Rosela menjadi pemenang terbaik di Nasional. 

”Pemko Payakumbuh sangat mendukung kegiatan ini melalui kegiatan-kegiatan yang ada pada OPD terkat, dan diharapkan kerjasama petugas kesehatan dan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat sehat mandiri sekaligus melestarikan budaya dalam penyehatan tradisional Indonesia, ” harap Sekdako.

Tim Penilai Nasional di ketua Ibu Inratri dalam sambutannya menyampaikan, Kelompok TOGA ROSELA kelurahan Padang Datar termasuk nominasi 4 besar untuk kategori kota tingkat nasional yaitu kota Payakumbuh, Banten, Bangka Belitung dan Goron Talo. 

“Kegiatan penilaian ini untuk mendorong komitmen kesehatan sehingga dapat mengurangi kunjungan masyarakat ke puskesmas atau rumah sakit dan nantinya masyarakat tidak lagi datang untuk berobat ke rumah sakit melainkan hanya sekedar konsultasi saja, Intinya masyarakat dapat mengatasi penyakit sendiri tanpa harus berobat ke rumah sakit," sebut Inratri.

“Hasil dari penilaian ini nantinya, akan kami umumkan pada acara puncak hari Kesehatan Nasional di Jakarta, ”terangnya.

sementara itu, Ketua kelompok toga dan Akupresur ROSELA kelurahan Padang Datar Tuti Sumarni mengatakan kepada wartawan, Senin (16/10), ekspos di depan Tim penilai Nasional sambil memperagakan teknik pengobatan secara akupresur, akupresur merupakan tindakan penyembuhan kesehatan melalui penekanan jari-jari kepada tempat tertentu sehingga si penderita dapat mengurangi atau menyembuhkan seperti sakit perut dan sakit kepala,” ungkap Tuti.

Setelah sambutan Walikota dan Ketua Tim penilai serta ekspos ketua Toga dan akrupresur Kelurahan Padang Datar dilanjutkan dengan Kunjungan lapangan dan Tanya jawab oleh Tim Penilai Nasional dan di akhiri dengan makan bajamba.

Tim Penilai Tingkat Nasional disambut dengan Tari Gelombang Kelompok TOGA ASMAN, dan langsung di terima Walikota Payakumbuh diwakili Sekdako Payakumbuh H. Ir. Benni Warlis Dt. Tan Batuah, juga tampak didampingi Kepala Dinas Kominfo Elvi Jaya, Tim Pembina Toga dari Provinsi Sumatera Barat, dan OPD terkait, Camat Payakumbuh Barat Nurdal, Muspika Kecamatan, BPJS Kota Payakumbuh, Lurah se Kecamatan Payakumbuh Barat beserta Pemuka Masyarakat Kelurahan Padang Datar. (ada)

google+

linkedin