TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)--Pemilihan Wali Nagari serentak se Kabupaten Padang Pariaman, bakal digelar, sesuai dengan tahapan  April 2018 genderang Pilwana  tersebut akan ditabuh. 

Khusus untuk Padang Pariaman jumlah nagari yang akan memilih wali nagari sebanyak 74 nagari. Pemilihan wali nagari serentak itu seiring dengan terbitnya  Perda  01 /2013 dan Perbup No. 35 tahun 2016 tentang pemekaran nagari, “ujar Roni Okdiarto, S.Kom Sekretaris Wali Nagari Koto Dalam Barat Selasa, (7/11/2017) di ruang kerjanya. 

Dikatakan, sejak undang-undang pemekaran nagari dikeluarkan, Kecamatan Padang  Sago yang sebelumnya terdiri dari 3 nagari, kini  menjadi 6 nagari. Nagari Koto Dalam, Koto Baru, Batu Kalang,  Koto Dalam Barat, Koto Dalam Selatan dan Batu Kalang Utara. 

“Diharapkan dengan adanya penambahan nagari baru dapat mengenjot pembangunan  di daerah yang selama ini belum tersentuh proyek pembangunan pemerintah,”ujar tokoh muda Korong Sei Puar Tanjung Mutus itu menimpali.

Selanjutnya dikatakan, sebagai nagari yang baru mekar dari nagari induk,  Koto Dalam Barat  masih menemui kendala dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat terutama sumber daya manusia (SDM). 

Kemudian yang terpenting saat ini masyarakat Koto Dalam sangat mendambakan gedung/kantor walinagari yang defenitif. Sehingga perangkat nagari dan masyarakat lebih mudah dalam mengurus surat-surat karena didukung dengan fasilitas yang memadai. 

Saat ini perangkat nagari Koto Dalam Barat ada 8 orang (2 orang mewakili 4 korong) ditambah 1 orang Pjs. Walinagari.  Jadi ada sekitar 9 orang perangkat nagari yang siap membantu dan melayani keperluan masyarakat koto dalam barat. 

Selaku perangkat nagari, pemuda berbadan tegap tersebut berharap kepada bakal calon walinagari yang terpilih agar dapat melaksanakan proses demokrasi Pilwanag tersebut dengan jiwa besar  serta bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban proses pemilihan nanti, “siapa yang menang itulah walinagari kita kedepannya yang harus kita dukung bersama-sama dalam membangun dan memajukan nagari ini, “terang pria yang baru saja menjadi seorang ayah tersebut. 

Selanjutnya kepada wali nagari terpilih, dapat mengimplementasikan beberapa program yang sangat dibutuhkan masyarakat Koto Dalam Barat,  seperti  percepatan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, kemudian dan  menjadi  Koto Dalam Barat yang mandiri. (Zul/amir)

google+

linkedin