BIJAK ONLINE (Pariaman)-Bidan merupakan profesi di bidang kesehatan yang secara khusus menangani kehamilan, persalinan, keadaan setelah melahirkan serta pelayanan-pelayanan paramedis yang berhubungan dengan organ reproduksi. 

"Jadi, peran bidan tidak terbatas pada membantu upaya kelahiran, tapi juga menjaga kesehatan secara umum dan reproduksi. Bahkan, bidan bisa dikatakan salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan primer di Indonesia," kata Pembina Akbid Putri Bangsa Pariaman, DR Muhammad Yusril MSc ketika berbincang dengan Tabloid Bijak.

Menurut Yusril, keberadaan Akademi Kebidanan Putri Bangsa Pariaman, berdasarkan SK Dirjen Dikti;Nomor 58/D/O/2009 dan Akreditasi BAN-PT Nomor 011/BAN-PT/AK-XII/DPL /VI/2012. "Kemudian, kampus dengan ruang belajar sudah milik sendiri dan lengkap dengan alat pratikum," katanya.

Sedangkan untuk lahan praktek, kata Yusril, Akbid Putri Bangsa Pariaman sudah menjalin hubungan kerjasama dalam bentuk MOU dengan RSUP M Jamil Padang, RSU Pariaman, RSU Lubuk Basung, RS Aisyiah Pariaman, Pukesmas se-Kabupaten Padang Pariaman, serta Puskesman se-Kota Pariaman. "Bahkan, Akbid Putri Bangsa juga telah menjalin kerjasama dengan Rumah Bersaln dan Klinik Bersalin, serta menjalin kerjasama dengan bidan praktek se-Kabupaten Padang Pariaman dan se-Kota Pariaman," kata Yusil.

Kemudian, lanjut Yusril, Akademi Kebidanan Putri Bangsa Paraiaman, juga sudah dilengkapi dengan fasilitas labotorium kebidanan, keperawatan, komunitas, perpustakaan, labotarium komputer dengan fasilitas internet. "Sebagai pembina, saya ingin Akbid Putri Bangsa melahirkan bidan-bidan  yang profesional dan bermoral," ujarnya.

Perlu juga diketahui, kata Yusri, Akademi Kebidanan Putri Bangsa Pariaman sudah menjalin hubungan kerjasama dengan perguruan tinggi Turgut Ozal University Turki, University  of Szeged Hunggaria, Miskota University Huggaria, Senicole University atau University of Pecs Huggaria dan Semmelweias University Hunggaria dan SEAMOLEC.  "Untuk peluang kerja di luar negeri, kami sudah menjalin hubungan kerjasama dengan PT Andalam Mitra Prestasi," katanya.

Jl. Lareh Muh. Ali, Dusun Subarang Stoplat Desa Cimparuh, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat 25514 (Samping Kantor Walikota Pariaman) Telp. Mayeti Dahlan, SE. (0823 8133 0373) | Rio Eka Putra (0812 6666 8885). (PRB)

google+

linkedin