TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)--Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Pariaman Fadli membuka acara Advokasi dan Evaluasi Updating data Survey Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Rumah Tangga (SABRT) 2017 di ruang rapat Wali Kota Pariaman, Rabu (15/11/2017) pagi

Fadli menjelaskan kegiatan ini sesuai dengan Kebijakan Nasional yang tertuang dalam RJPMN 2014-2019 yang harus dijabarkan di tingkat provinsi dan daerah dalam RPJMD yaitu adanya target Univesal Acces yang merupakan target 100% pelayanan air minum layak, 0% kawasan kumuh dan 100% pelayanan sanitasi layak dimana Kota Pariaman juga telah menjabarkannya dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Kota Pariaman periode 2014-2018.

Menurut  Fadli, menjadi keharusan Pemko  penyediaan pelayanan dasar salah satunya  pelayanan terhadap kebutuhan air minum dan sanitasi dasar sebagai upaya Pemko Pariaman dalam mengaturnya.

"Untuk itu, perlu data dasar yang benar-benar valid dan akurat yang berbasis rumah tangga sebagai bahan evaluasi terkait penanganan air minum dan sanitasi atau yang lebih dikenal dengan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL)," sambung Kepala Bappeda.

Fadli menambahkan maka untuk updating kegiatan ini, Pemko Pariaman akan menguji AMPL ini di satu kecamatan yakni Kecamatan Pariaman Tengah untuk tahap awal. selanjutnya juga akan dikembangkan ketiga kecamatan lainnya.

Di akhir kalimatnya, ia harapkan  dengan kehadiran fasilitator AMPL Nasional saat ini, mampu mendapatkan pemecahan beberapa permasalahan yang timbul di lapangan khususnya supervisor dan seluruh enumerator yang akan terjun melakukan survey lapangan.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang yang berasal dari Tim Pengelola Data AMPL 2017 yang terdiri dari kader lingkungan/desa/kelurahan/bidan desa se-Kecamatan Pariaman Tengah, koordinator pokja AMPL Kota Pariaman dari BAPPEDA Kota Pariaman, Dinas Perkim, DLH dan Dinkes Kota Pariaman. 

Adapun Nara Sumber Kegiatan ini adalah Fasilitator AMPL Nasional Fany Wedahuditama, serta Tim Updating Data Kota Pariaman dan Supervisor, Enumerator Updating Data AMPL Tahun 2017.[ph/amir]

google+

linkedin