BIJAK ONLINE (Batusangkar)-Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit ikut makan bajamba ala Minangkabau ketika menghadiri  acara Grand Opening Tour De Singkarak 2017, di Istano Basa Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar, Jumat, 17 November 2017.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, makan bajamba bertujuan untuk memperkenalkan tradisi Minangkabau kepada dunia, terkhusus peserta dan semua yang terlibat dalam ajang TdS, serta pengunjung

Makan bajamba merupakan salah satu tradisi makan masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat. Makan bajamba adalah kegiatan makan secara bersama-sama, untuk memeriahkan dan sekaligus mengawali pembukaan acara Tour de Singkarak (TdS) 2017.

Sebenarnya, makan bajamba secara bersama ini diikuti ratusan orang. Bahkan masyarakat yang ikut dalam makan bajamba dibagi dalam kelompok-kelompok dengan jumlah tertentu.
.
Kemudian, tradisi makan bajamba ini  yang juga dikenal dengan sebutan makan barapak yang biasanya dilakukan masyarakat Minangkabau pada hari-hari besar keagamaan, pesta atau upacara adat, dan hari penting lainnya. Peserta kelompok akan duduk melingkar bersama-sama dan masing-masing mendapatkan nasi serta aneka jenis lauk pauk di atas sebuah wadah.

Yang hebatanya, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuty yang datang untuk membuka Tour de Singkarak, juga ikut makan bajamba bersama Wakil Ketua DPRD Sumbar, Forkominda, Bupati Tanah Datar, Drs Irdinansayah Tarmizi, serta seluruh bupati dan walikota se-Sumatera Barat. 

Tour De Singkarak (TdS) diikuti oleh 19 team race, yaitu FIB Baike Bahrain, China, IGW, Jerman, GMC Indonesia, PGN Indonesia, United Indonesia, PRB  Indonesia, Tabriz Tabariz Iran, SC Japan, Gapyeong Korea, CCN Laos, TSG Malaisya, Sapura Malaisya, PCS Nederland, CCN Filipina, Thailand, dan Bikelife Vietnam. ke-19 ini akan berlomba memperebutkan total Hadiah Rp 2,3 miliar.

Acara pembukaan akan dimeriahkan juga oleh vokalis Band Gigi-Armand Maulana, yang akan membawakan sejumlah lagu.

Setelah pembukaan, Minggu, 19 Desember akan dilangsungkan star etape pertama dari Istana Baso Pagaruyung dan finish di Lapau Panjang Cimpago Pantai Padang. (fardianto)

google+

linkedin