BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)----Perkembangan teknologi informasi saat ini, begitu cepat berkembang, begitu pula dalam penanganan administrasi di pemerintahan. Buktinya, berbagai aplikasi saat ini, telah digunakan dan dimanfaatkan untuk mendukung kinerja menjadi lebih baik. 

Satu bukti lagi, perkembangan informasi itu dapat digunakan untuk penilaian kinerja ASN, dimana sistem yang selama ini berjalan secara manual harus beralih pula ke dalam metode digital.

Untuk itu Pemerintah kota Payakumbuh melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), mengadakan kegiatan pembekalan penerapan kebijakan dan penggunaan aplikasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) secara digital (online) selama 3 hari berturut, 6-8 November 2017.

Kegiatan yang dibuka Wakil Walikota Erwin Yunaz, di aula Bakinco Resto, Jl. Muhammad Syafei Koto Tangah Payakumbuh, baru-baru ini, dihadiri oleh Plh. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Dafrul Pasi  dan diikuti oleh seluruh pimpinan OPD, Kepala Bagian Sekretariat Daerah, Tim Verifikasi SKP, dan ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Erwin Yunaz mengatakan bahwa sistem aplikasi penilaian kinerja ASN yang berbasis digital ini, nanti akan digunakan sebagai dasar pembayaran tambahan penghasilan bagi ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh.

Sistem aplikasi penilaian kinerja ASN online ini, akan kita gunakan sebagai dasar pembayaran tambahan penghasilan bagi ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh. Dan direncanakan pengaplikasiannya pada tahun 2018 mendatang.

Ditambahkan Wakil Walikota Erwin, saat ini Pemko Payakumbuh telah mulai menyusun sistem pemberian tambahan penghasilan ini, namun masih belum sesuai dengan aturan normatifnya, yaitu berdasar analisis jabatan dan analisis beban kerja.

“Saat ini sistem yang sedang disusun masih mengedepankan tingkat kehadiran ASN, dan belum sesuai dengan aturan normatifnya berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja,” terang Wawako.

Untuk itu, Wawako Erwin sangat mengapresiasi dengan adanya kerjasama dengan Pemerintah Propinsi Jawa Barat, dalam hal replikasi sistem tersebut bisa dimanfaatkan di Payakumbuh.

“Kami sangat berterima kasih dan apresiasi dengan Pemprop. Jawa Barat yang telah mengakomodir kerjasama tentang replikasi sistem penilaian kinerja ASN online ini,” kata Erwin.

Sementara itu Plh. Kepala BKPSDM Dafrul Pasi didampingi Kabid Pengembangan Kompetensi Penilaian Kinerja Aparatur Zetriwardi menginformasikan, peserta dalam kegiatan pendampingan dan pembekalan ini nantinya akan melakukan berbagai kegiatan diantaranya perumusan kebijakan, kemudian peng-instal-an aplikasi, peng-input-an database pegawai, dan sosialisasi penggunaan aplikasi.

“Kegiatan pembekalan dan pendampingan ini difokuskan kepada bagian yang menangani administrasi kepegawaian pada dinas masing-masing. Sedangkan narasumber adalah Dedi Mulyadi dari Badan Kepegawaian Pemerintah propinsi Jawa Barat, “ulas Dafrul Pasi. (ada)

google+

linkedin