BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Kota Payakumbuh kembali catat prestasi gemilang. Kali ini, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) kelurahan Taratak Padang Kampuang kota Payakumbuh raih Award (penghargaan) perpustakaan terbaik tingkat nasional tahun 2017.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Payakumbuh Zulinda Kamal, kepada sejumlah wartawan diruang kerjanya, Rabu (8/11), mengatakan, penyerahan penghargaan diberikan Erlyn Sulistyaningsih selaku Direktur Program Perpuseru (Perpustakaan Seru), berlangsung pada malam puncak acara Regional Meeting 2017 Bacth 2 di Hotel Santika Premiere Harapan Indah Bekasi (12/10).

Acara Regional Meeting 2017 Bacth 2 diselenggarakan Perpuseru bekerjasama dengan Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) yang diadakan dari tanggal 9 s/d 12 Oktober 2017 yang mengambil tema " Regional Meeting Bacht 2 (RM2)".

Kegiatan ini diikuti 32 Perpustakaan Daerah dan 218 Perpustakaan Kelurahan, Desa, dan TBM  yang sudah menjadi mitra Perpuseru. Peserta datang dari Sumatera dan Jawa Tengah dengan total jumlah peserta 300 orang.

Terkait pemberian award ini, Erlyn menyampaikan, “erpustakaan harus kreatif dan inovatif menuju masyarakat sejahtera. Dari kota Payakumbuh yang sudah menjadi mitra Perpuseru yang berpartisipasi dalam kegiatan Regional Meeting ini terdiri atas 1 perpusda dan 9  perpustakaan.

Dari 9 perpustakaan itu yakni perpustakaan daerah kota Payakumbuh, TBM Menara di Kelurahan Koto Panjang Padang, TBM Sunrise di Kelurahan Labuah Basilang, Perpustakaan Kelurahan Payolansek, Perpustakaan Kelurahan Limbukan, Perpustakaan Kelurahan Payobasung, Perpustakaan Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Perpustakaan Taratak Padang Kampuang, Perpustakaan Kelurahan Tigo Koto Diate, dan TBM Intro di Kelurahan Padang Tohang Balai Nan Duo.

Partisipan perpustakaan kelurahan tersebut sebelumnya masing-masing mendapatkan bantuan 3 unit komputer dari Perpuseru. Kegiatan Regional Meeting sangat bagus untuk diikuti, karena pada kegiatan tersebut menampilkan keberhasilan-keberhasilan perpustakaan dari daerah-daerah, sehingga para peserta yang hadir dapat saling belajar dari keberhasilan tersebut.

“Selain dari penilaian performance perpustakaan, dalam acara Regional Meeting ini juga dilaksanakan beberapa lomba seperti lomba menghias lapak yang isi lapaknya adalah hasil UMKM dari perpustakaan masing-masing, “ujar Zulinda Kamal. (ada)

google+

linkedin