TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)--Tingginya minat anak-anak belajar Alqur’an harus diimbangi dengan ketersediaan Alqur’an di musalla tempat anak mengaji. 

Kekurangan Alqur’an tersebut mendorong Bhabinkamtibmas Sintuak Toboh Baru Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman Aipda Roy Martin, SH menyerahkan 20 Alqur’an di TPS/TPSA Surau Nurul Hidayah Damakiau Bukit Baling-Baliang Korong Palembayan dan TPS/TPSA Masjid Raya Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang.

Penyerahan Alqur’an sebanyak 10 di Surau Nurul Hidayah oleh Bhabinkamtibmas Sintuak Roy Martin bertepatan  acara peringatan Maulud Nabi Muhammad Saw, Minggu (12/11/2017). Alqur’an tersebut diterima Ketua Pengurus Surau Nurul Hidayah Sy. Enek Datuk Sirajo.  Menurut Roy, dengan tambahan Alqur’an ini dapat mendorong anak-anak lebih rajin mengaji. Sehingga tidak ada lagi anak-anak yang tidak bisa membaca Alqur’an.

“Memang jumlahnya tidak seberapa. Tapi kita berharap dapat meningkatkan minat anak-anak membaca Alqur’an. Jangan sampai terjadi, anak-anak sudah tamat sekolah dasar, tapi belum bisa membaca Alqur’an. Ini ironis sekali,” kata Roy menambahkan.

Salah seorang pengurus Surau Nurul Hidayah Zeki Aliwardana menyebutkan, bantuan Alqur’an ini sangat bermanfaat bagi anak TPA/TPSA di surau ini. Saat ini terdapat kurang lebih 100 anak mengaji. Sekitar 35 orang sudah belajar membaca Alqur’an. Sehingga kebutuhan terhadap Alqur’an memang semakin dirasakan.

“Surau yang didirikan sekitar tahun 1999 lalu, aktif menjadi pusat belajar Alqur’an bagi anak-anak di sekitar Bukit Baling-Baling Korong Palembayan. Dengan adanya TPA/TPSA di sini, berarti upaya memberantas buta baca Alqur’an sudah terpenuhi. Insya Allah tidak ada lagi anak yang tidak bisa membaca Alqur’an, karena mereka sudah diberikan tempat belajar membaca Alqur’an,” kata Zeki Aliwardana yang juga Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padang Pariaman ini.

Maulud juga dihadiri Wakil Bupati Padang Pariaman  Suhatri Bur. Dari infak undangan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW berhasil terkumpul dana sebesar Rp 13 juta, kata Zeki Aliwardana mengakhiri. (at/amir)

google+

linkedin