BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Dinas Koperasi dan UKM bersama Yayasan Danamon Peduli gelar kegiatan peduli lingkungan seperti gotong royong, penghijauan dan bantuan sarana kebersihan pasar rakyat Padang Kaduduak kota Payakumbuh, Jum’at (03/11).

Kegiatan ini juga diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada Yayasan Danamon Peduli dari Pemerintah kota Payakumbuh dan pemberian penghargaan kepada Bhabinkamtibmas Bripka Yusrizal Polres kota Payakumbuh yang khusus bertugas termasuk area pasar karena telah berhasil mengkondisikan penataan pedagang kaki lima dengan cara persuasif.

Dalam sambutannya, Walikota Payakumbuh Riza Falepi diwakili Asisten I Yoherman, mengucapkan terima kasi kepada Yayasan Danamon Peduli yang telah banyak membantu pembangunan di kota Payakumbuh.

Sebagaimana tercermin dari nama program Pasar Sejahtera (Sehat, Hijau, Bersih, Terawat) pendekatan fisik dan non-fisik ini sangat penting. Sebab, upaya revitalisasi pasar bukanlah sekedar mengenai pembangunan dan perbaikan fisik saja.

“Tetapi bagaimana dukungan pemerintah, partisipasi masyarakat dan peran aktif komunitas pasar dalam memelihara, merawat dan mengembangkan pasar tradisional yang dapat menjamin kesuksesan upaya pemerintah dalam merevitalisasi pasar tradisional," ulas Yoherman.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Payakumbuh Dahler dalam sambutannya, mengatakan, terima kasih kepada Yayasan Danamon Peduli karena telah membantu alat-alat kebersihan dan 60 bibit pohon pelindung.

Ditambahkan Dahler, sudah memasuki tahun ketujuh Yayasan Danamon Peduli ini membantu pembimbingan pasar Payakumbuh  berbentuk dari fisik sampai non fisik  sehingga tidak ada salahnya pasar rakyat Payakumbuh juara di Sumatera Barat secara berturut-turut. Untuk itu kita ucapkan terima kasih kepada Yayasan Danamon Peduli.

Sementara itu, Kepala cabang bank Danamon Payakumbuh Faiga Falina, mengucapkan, terima kasih kepada seluruh jajaran karena telah memberikan kesempatan kepada Yayasan Danamon Peduli, bank Danamo untuk ikut berkontribusi memajukan pasar tradisional.

Sebelumnya Yayasan Danamon Peduli sudah menjalankan program-program untuk peningkatan fasilitas pedagang pasar rakyat di pasar tradisional Ibuh. Adapun dari program yang telah berjalan tersebut, seperti sosialisasi, sanitasi, makanan bebas pengawet berbahaya, tanggap bencana dan perbaikan infrastruktur di pasar tradisional Ibuh kota Payakumbuh, ungkap Faiga.

“Untuk itu kami berharap dengan dibukanya pasar II Padang Kaduduak ini, Yayasan Danamon Peduli tetap diikutsertakan dalam pengembangan pasar tradisional di kota Payakumbuh. Karena itu langkah awal Danamon mendorong program pasar sejahtera di Padang Kaduduak dengan memberikan bantuan dua gerobak sampah, empat tong sampah dan 60 bibit tanaman pohon pelindung," tutur Faiga.  (ada)

google+

linkedin