BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Selama dua hari berturut, (6-7/12), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Payakumbuh mengadakan kegiatan pelatihan bagi admin dan operator, dengan tujuan peningkatan sumber daya perangkat daerah untuk pengoperasian aplikasi e- Musrenbang dan Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD), di aula kantor setempat.

Pelatihan tersebut ditutup Kepala Bappeda Rida Ananda dihadapan peserta yang berasal dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh serta sejumlah narasumber yang berasal dari Bappeda sendiri.

Kepala Bappeda kota Payakumbuh Rida Ananda kepada wartawan, Sabtu (9/12) via telepon genggamnya, mengatakan, peserta pelatihan diharapkan mampu mengoperasikan aplikasi dan sistem ini, serta peningkatan wawasan admin tentang mekanisme perencanaan partisipatif dari usulan yang masuk dari masyarakat.

Mekanisme perencanaan partisipatif tersebut telah tertuang dalam peraturan Walikota Payakumbuh dan diharapkan admin bisa mempelajarinya dengan baik dan diaplikasikan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Proses serta kriteria perencanaan partisipatif dan perencanaan bottom up telah diatur dalam Perwako No 40 Tahun 2017 tentang Pedoman Teknik Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Partisipati.

“Kemudian, kepada peserta diharapkan dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan mempelajari apa yang tertuang didalam pedoman perwako tersebut untuk diterapkan di OPD masing-masing,"harap Rida Ananda. (ada)

google+

linkedin