TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)---Dinas Perhubungan (DISHUB) Provinsi Sumbar melalui Bidang Teknik Sarana dan Penanggulangan Kecelakaan bersama Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Jati Pariaman lakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (Ramp Check) terhadap bus dan mobil angkutan penumpang orang yang masuk melintasi Kota Pariaman di Terminal Jati, Kamis (14/12/2017) pagi.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Jati Pariaman Kementerian Perhubungan Hary Leo Agusta mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan serentak dilakukan dalam rangka mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. 

Kegiatan itu  diatur melalui Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Nomor : SK.2574/AJ.403/DRJD/2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang akan berlangsung dari tanggal 14 Desember sampai 20 Desember 2017. 

"Tidak hanya Bus AKAP dan AKDP saja yang kita lakukan pengecekan, namun Angkutan Pedesaan dan Angkot juga kita cek, agar terciptanya suatu kenyamanan bagi penumpang angkutan umum," ujar Harry saat melakukan razia.

Namun, sambung Harry walaupun hal ini cuma sampai tanggal 20 Desember 2017, kita akan selalu monitoring dan lakukan penertiban ini hingga pertengahan Januari 2018 mendatang bersama Polres Pariaman dan Dishub Kota Pariaman.

Koordinator Ramp Check dari Dishub Sumbar Bidang Teknik Sarana dan Penanggulangan Kecelakaan Elvira Diana menambahkan bagi mobil angkutan penumpang dan orang yang dinyatakan sesuai dengan aturan akan dipasangi tanda berupa stiker Laik Jalan Angkutan Penumpang Umum Tahun 2017.

Ia mengatakan operasi ini juga bertujuan menciptakan rasa aman pada para penumpang dan mencegah hal-hal yang dapat mengganggu kondusifitas keamanan di wilayah hukum Provinsi Sumatera Barat  serta untuk memastikan kendaraan tertib berlalu lintas."Sedangkan bagi yang belum lengkap tidak dipasangi stiker akan diminta lagi untuk melengkapi," singkat Elvira.[ph/amir]

google+

linkedin