BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Sukses mengembangkan kecamatan pemekaran, Lamposi Tigo Nagori (Latina), selama hampir empat tahun, karena itu Doni Prayuda dipercaya Walikota Riza Falepi untuk memimpin kecamatan pemekaran lainnya. Yakni sebagai Camat Payakumbuh Selatan pada 2015 silam.

“Kecamatan Latina yang merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Payakumbuh Utara itu, resmi berdiri membentuk kecamatan baru, pada 2008 silam, semasa Walikota Payakumbuh saat itu, Josrizal Zain mempercayai Mardius sebagai camat pertama Latina," sebut Camat Latina David Bachri kapada wartawan di kantor camat setempat, Sabtu (9/12). 

Dijelaskan David, empat tahun kemudian, menjelang berakhirnya duet Josrizal Zein- Syamsul Bahri ditahun 2012, camat Latina berganti. Doni Prayudha di  dipercayakan sebagai Camat Latina yang kedua. Berbagai kemajuan di Lamposi cukup dirasakan semasa Doni Prayuda menjabat sebagai orang nomor satu di kecamatan pemekaran itu. Terutama dari segi prestasi yang diraih dari tingkat kota, propinsi dan nasional.

Kemudian posisi Camat Latina digantikan oleh Herlina sejak Januari 2015. Setahun menjadi orang nomor satu di Latina, Herlina mampu menggaet, mendorong dan merangkul kaum ibu-ibu di 6 kelurahan untuk bisa hidup mandiri melalui program PKK.

Tak berselang lama, satu tahun kemudian, Februari 2016, Camat Latina pun berganti dan dipercayakan kepada saya untuk memimpin kecamatan sendiri sampai sekarang. Saya menjadi camat Latina yang ke 4 sejak berdiri Latina pada 2008 silam itu.

Hampir dua tahun sebagai Camat Latina, sudah banyak perubahan berarti dan kemajuan yang terjadi di kecamatan dengan 2775 kepala keluarga tersebut. Saya lebih prioritas untuk mengembalikan branding Lamposi sebagai Kampung Ulama tersebut terus merangkul dan mengajak masyarakat untuk taat ke agama islam.

"Dahulu, Latina disebut sebagai Kampung Ulama, ini yang kita kembalikan. Kita di kecamatan lebih menonjolkan kegiatan-kegiatan keagamaan ke tengah-tengah masyarakat. Seperti yasinan, wirid pengajian serta tabligh akbar, "ucap David Bachri.

Dua tahun terakhir ini, katanya, setiap perayaan Hari Jadi Kecamatan Latina pasti selalu digelar tabligh akbar. Bahkan, tabligh akbar menjadi yang paling di priorotaskan. "Ini yang membuat beda setiap perayaan HUT kecamatan selama 2 tahun terakhir ini. Tabligh Akbar selalu digelar, "katanya lagi.

Majunya Kecamatan Lamposi Tigo Nagori saat ini, tak terlepas dari dorongan dan dukungan seluruh lapisan masyarakat. Tokoh masyarakat, alim ulama, niniak mamak, cadiak pandai serta generasi muda. Terutama dukungan dan perhatian penuh dua anggota DPRD Kota Payakumbuh untuk membangun kampung halaman. Yakni Syafrizal dari PBB dan Mawi Etek Arianto dari Partai Gerindra.

“Baik Syafrizal yang sudah dua periode di DPRD Payakumbuh dan Mawi pun saling bersinergi dalam berjuang habis-habisan untuk memajukan Lamposi Tigo Nagori, “ujar David.

Sementara itu, Mawi Etek Arianto dan Syafrizal kepada wartawan, mengatakan, demi kampuang halaman yang kami cintai siap memperjuangkan setiap aspirasi masyarakat. Buktinya, beberapa aspirasi masyarakat sudah kampi sikapi dengan baik. 

“Sedangkan yang belum terealiasai pada tahun 2017 ini, akan kami perjuangkan pada tahun 2018 dan tahun berkutnya. Intianya tugas anggota dewan itu adalah menyikai dan menindaklajuti harapan masyarakat, baik itu pembangunan insfrasruktur dan ekonomi. Utamanya terhadap keagamaan, “ujarnya berdua. (ada)

google+

linkedin