BIJAK ONLINE (LIMA PUOLUH KOTA)---Lagi, belum beberapa hari usai mendapatkan perolehan Dana Insentif Desa (DID) dari Kementrian Keuangan dan sejumlah penghargaan lainnya. Kali ini, pemerintah kabupaten Lima Puluh Kota kembali mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

Atas nama pemerintah Pusat, melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI, menetapkan untuk memberikan penghargaan  PARAMAKARYA kepada dua usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berkembang di Limapuluh Kota yaitu Tom Burger dan Tenun Kubang Ridwan By, atas nominasi kualifikasi industri leader dan upaya dalam meningkatkan produktivitas selama 3 tahun berturut-turut.

Sementara itu pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendapatkan anugerah pemerintah yang berhasil mendukung dan membina perusahaan yang memperoleh penghargaan Paramakarya dari Kementrian ketenagakerjaan.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla kepada Gubernur Sumatera Barat dalam hal ini di wakili oleh Wakil Gubernur, Nasrul Habib, pemilik usaha Tom Burger, Tommy Manbayoe dan pemilik usaha Tenun Kubang Ridwan By,  pemberian penghargaan didampingi oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri dan Menteri Desa Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putrosanjojo di ruang Serbaguna Gedung Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Jumat (8/12) pagi. 

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri mengatakan penghargaan produktivitas Paramakarya merupakan penghargaan tingkat nasional yang diberikan oleh Presiden RI setiap dua tahun sekali pada tahun ganjil. "Ini yang ke-9 sejak pertama kali di 1993 ini yang berhasil meningkatkan produktivitasnya dari 2015-2017," jelas Hanief.

Ia mengatakan pemerintah memberikan penghargaan kepada dunia usaha bertujuan untuk memacu perusahaan UMKM agar tetap mempertahankan tingkat produktivitas yang telah dicapai, dan kemudian terus ditingkatkan melalui penerapan alat, teknik dan metode peningkatan produktivitas usahanya.

"Dunia Usaha yang mendapatkan penghargaan PARAMAKARYA ini tentunya dunia usaha yang telah berhasil mempertahankan dan meningkatkan tingkat produktifitas usahanya," papar Hanif lagi.

Dikatakannya, perusahaan-perusahaan UMKM yang mendapatkan penghargaan produktivitas PARAMAKARYA ini telah melalui tahapan-tahapan penilaian dan seleksi yang ketat dari auditor dan para juri independen. Kinerja perushaan-perusahaan itu memang layak dijadikan contoh bagi UMKM lainnya agar bisa terus maju dan berkembang.

"Penilaian dalam penghargaan ini dilakukan oleh Tim Aditor Pusat dan Daerah yang di verifikasi oleh beberapa Dewan Juri. Penghargaan ini diberikan untuk lebih memasyarakatkan konsep kualitas serta produktifitas, sehingga dapat menjadi panutan bagi perusahaan-perusahaan yang lain untuk terpacu lagi," sambungnya.

Sementara itu, Bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi selaku pembina UMKM di kabupaten Lima Puluh Kota ketika dimintai komentarnya mengatakan rasa bangga dan sangat mengapresiasi atas penghargaan yang diberikan pemerintah pusat melalui Menteri Ketenagakerjaan RI tersebut. 

"Alhamdullillah, atas izin allah Kabupaten kita mendapatkan satu penghargaan lagi dari pemerintah pusat, yaitu penghargaan PARAMAKARYA. Sebelumnya beberapa hari yang lalu kita juga mendapat penganugerahan Dana Rakca dari Kementrian Keuangan,"sebutnya.

Irfendi mengharapkan dengan diraihnya penghargaan ini dapat mendorong dan memotivasi pelaku usaha-usaha kecil dan menengah di Kabupaten Limapuluh Kota untuk berprestasi lagi. 

“Pemerintah kabupaten Lima Puluh Kota dibawah Dinas Industri dan Ternaga Kerja akan terus mendukung serta terus melakukan pembinaan kepada pelaku-pelaku usaha daerah kita ini supaya kita lebih berprestasi lagi baik dikancah daerah, privinsi maupun tingkat Nasional,”ujarnya. 

Menurut bupati, penghargaan ini tidak terlepas dari peran serta dan keterlibatan berbagai pihak dalam melakukan pembenahan dan pembinaan  terhadap UMKM di Kabupaten Lima Puluh Kota. 

"Prestasi ini bukanlah akhir dari komitmen kita untuk terus memperhatikan, membina dan meningkatkan usaha-usaha kecil menengah yang ada di Limapuluh Kota, ini adalah awal untuk kita semua berbuat lebih baik lagi kedepannya,"ulas bupati.

Sedangkan pemilik usaha Tom Burger, Tomy Manbayoe merasa bangga bisa menerima penghargaan Paramakarya tersebut. “Alhamdulillah, kami bersyukur atas penghargaan ini, semoga ke depan, kami menjadi lebih baik lagi dan selalu meningkatkan kualitas dari produk usaha kami. Tom Burger dan Tenun Kubang Ridwan By adalah dua dari 30 perusahaan UMKM di Indonesia yang berhasil meraih anugerah Paramakarya tahun ini, ” kata Tommy. (ada)

google+

linkedin